159 Desa di Riau Rawan Karhutla, Terbanyak di Rohil

Redaksi Redaksi
159 Desa di Riau Rawan Karhutla, Terbanyak di Rohil
M. Edy Afrizal.(Foto: BPBD Riau)

PEKANBARU - Sebanyak 159 desa di Riau masuk dalam daftar desa rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Penetapan ini berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau bersama instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Penanganan Karhutla Riau.

Kepala BPBD Riau, M. Edy Afrizal mengatakan, jumlah desa rawan Karhutla di Riau paling banyak ditemukan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sebanyak 35 desa.

Kemudian Inhil 28 desa, Pelalawan 22 desa, Meranti 14 desa, Bengkalis 16 desa, Dumai 11 desa, Inhu 11 desa, Siak 11 desa, Kampar 3 desa, Pekanbaru 3 desa, Kuansing 2 desa dan di Rohul ada 2 desa.

Edy mengungkapkan, jika dibandingkan dengan tahun 2021, jumlah desa rawan Karhutla di Provinsi Riau mengalami penurunan. "Di mana sebelumnya ada 300-an desa di Riau yang masuk kategori desa rawan Karhutla," ungkap Edy Afrizal, Jumat (3/2/2023).

Seiring berjalannya waktu, warga desa yang rawan Karhutla itu memiliki pengalaman dalam menghadapi karhutla. Sehingga mereka jauh lebih siap saat musim kemarau tiba.

"Desa yang masih rawan karhutla ini nantinya akan kami fokuskan, tapi kita tetap patroli di desa lainnya meskipun tidak masuk dalam daftar desa rawan Karhutla," tutur Kepala BPBD Riau ini mengakhiri.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini