Home  / Sport
Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Timor Leste
Selasa, 13 November 2018 | 21:15:08
(Foto:Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Pertandingan AFF 2018 Indonesia vs Timor Leste di SUGBK Senayan.
Timnas Indonesia menjalani matchday kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11/2018), dengan gemilang. Setelah sempat dibuat frustasi pada babak pertama dan tertinggal di awal babak kedua, skuat 'Garuda' berhasil menutup laga dengan kemenangan 3-1 atas Timor Leste.

Gol-gol kemenangan Timnas dilesakkan oleh Alfath Fathier (60'), Stefano Lilipaly (69'), dan Alberto 'Beto' Goncalves (82'). Sedangkan, gol Timor Leste dicetak oleh Rufino Gamma (48'). Atas hasil itu, Timnas naik satu setrip ke posisi tiga berbekal 3 poin. Sementara Timor Leste terbenam di dasar klasemen tanpa poin.

Terus menekan, tetapi nihil gol. Itulah gambaran sepanjang babak pertama. Timnas Indonesia dapat memegang otoritas permainan dan melancarkan serangan demi serangan. Sejumlah situsi menguntungkan pun berhasil didapatkan. Akan tetapi, pengambilan keputusan yang salah atau telat membuat kans yang mereka ciptakan berujung kegagalan.

Selepas jeda, Timnas langsung menyengat. Belum genap babak kedua berjalan satu menit, Alberto 'Beto' Goncalves nyaris mencatatkan nama di papan skor manakala bola hasil umpan Gavin Kwan Adsit berhasil disambar dengan sempurna. 

Timor Leste yang terus ditekan justru dapat membuka keunggulan lewat skema serangan balik yang cepat pada menit 48. Menerima bola hasil umpan dari belakang, Rufino Walter Gama melepaskan tembakan voli dari luar kota. Bola yang melaju kencang gagal dijangkau tangan Andritany Ardhiyasa. 

Timnas merespons gol tersebut dengan meningkatkan agresivitas serangan. Tak cuma itu, Timnas menerapkan garis pertahanan tinggi untuk memberikan tekanan yang lebih besar kepada Timor Leste. Efeknya, daya ledak Timnas membesar. Akan tetapi, Timnas masih saja kesulitan untuk menciptakan peluang, apalagi menyamakan skor.

Untuk meyiasati kebuntuan, Bima Sakti menarik keluar Febri dan memasukkan Riko Simanjuntak pada menit 57. Pergantian tersebut membuat tusukan dari sisi kanan semakin tajam dan suplai ke striker membaik. Itu terlihat pada menit 58. Riko dapat menyisir sisi kiri pertahanan Timor Leste dan menyodorkan umpan tarik. Bola mendarat di kaki Septian, tetapi sepakan pemain Mitra Kukar itu masih melebar.

Tekanan intens Timnas akhirnya membuahkan hasil di menit 60. Andik menyodorkan umpan pendek kepada Alfath Fathier. Pemain milik Madura United itu menggiring bola sampai ke dalam kotak. Tak berselang lama, Alfath melepaskan tendangan. Bola yang melaju kencang sebenarnya dapat ditepis kiper Timor Leste, tetapi bola tetap bersarang ke dalam gawang. 

Menginjak menit 69, Timnas mendapatkan kans emas via penalti setelah Andik dilanggar oleh Gumario Augusto di dalam kotak. Stefano Lilipaly yang diutus sebagai eksekutor mampu menunaikan tugasnya dengan sempurna. Skor 2-1 untuk keunggulan Timnas. 

Tak puas unggul satu gol, Timnas terus menekan. Hasilnya terlihat saat laga berusia 82 menit. Riko dapat menyisir sisi kiri pertahanan Timor Leste melalu kelincahannya. Ketika sudah berada di sekitar kotak, pemain Persija Jakarta itu melepaskan umpan silang atas. Bola yang melayang dapat disambar Beto melalui sundulan kepala. 

Di sisi pertandingan, jual beli serangan intens terjadi. Efeknya, sejumlah peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Namun, sampai peluit panjang berbunyi, skor 3-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia bertahan.

(sumber: kumparan.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Kejam! Hadir ke Stadion Camp Nou, Suporter Spurs Malah Dipukuli Petugas Keamanan
GOTI Commanders’ Forum 2018, Delegasi Bakamla Hadir Sebagai Observer
Inilah Jadwal Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2018/19
Legenda Man United: Tak Ada Tim yang Mau Hadapi Liverpool di Liga Champions

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad