Home  / Sport
MotoGP Thailand: Salip Dovizioso di Tikungan Terakhir, Marquez Juara
Minggu, 7 Oktober 2018 | 14:55:44
oto: Jose Jordan/AFP)
Duel Marquez dan Dovizioso di MotoGP Aragon. (F
Marc Marquez dan Andrea Dovizioso bertarung sampai akhir di MotoGP Thailand. Salip menyalip terjadi sampai putaran terakhir, dan akhirnya Marquez-lah yang keluar sebagai pemenang.

Di bawah suhu 32 derajat celsius yang memayungi Sirkuit Internasional Buriram, Minggu (7/10/2018), balapan sudah menarik sedari awal. Marquez melesat selepas start, sementara Dovizioso dan Valentino Rossi mengikutinya dari belakang.

Posisi terdepan kemudian sempat berpindah-pindah dari Rossi, kemudian ke Dovizioso. Namun, pada akhirnya, Marquez berhasil mengulangi apa yang ia lakukan di Aragon: Mengakhiri balapan sebagai pemenang.

Awalnya, Valentino Rossi tampak akan memberikan sesuatu pada balapan ini. Well, pebalap asal Italia itu memang tidak langsung melesat ke posisi terdepan selepas start, tetapi ia sempat membuat para pendukung Yamaha berharap.

Begitu lampu start padam, Marc Marquez langsung tancap gas. Di belakangnya, Rossi dan Andrea Dovizioso menyusul. Tidak ada perubahan pada tiga posisi terdepan selepas start. Namun, setelahnya persaingan berlangsung sengit.

Rossi, yang pada sesi kualifikasi menempati posisi kedua dengan gap 0,011 detik di belakang Marquez, berhasil melewati Marquez pada tikungan 3. Apes buat Marquez, posisinya kemudian turun ke posisi ketiga setelah Dovizioso juga menyalipnya.

Tanda-tanda bahwa Marquez bakal dibikin kesulitan oleh Rossi sesungguhnya sudah terlihat selepas lap pertama berakhir. Begitu melewati garis start/finis, awak tim Honda memberitahu bahwa Marquez cuma unggul 0,2 detik saja atas Rossi.

Sampai di sini, apakah kans Rossi menjadi juara terlihat besar? Err, sayangnya tidak. Sangat jelas bahwa rider asal Italia itu kesulitan melepaskan diri dari kejaran Dovizioso. Nama yang disebut terakhir itu menempel tepat di belakangnya.

Akhirnya, terjadilah… Rossi kedodoran mempertahankan posisinya dan disalip oleh Dovizioso ketika pebalap berjuluk The Doctor itu keluar dari tikungan 1. Per laporan Autosport, motor Rossi dinilai bermasalah dengan akselerasi.

Rossi tidak hanya kehilangan posisi pertama, tetapi juga harus turun ke urutan ketiga. Bersamaan dengan motor merah Ducati Dovizioso melewatinya, Marquez juga ikut-ikutan menyalipnya. Rossi akhirnya menghabiskan sisa balapan dengan mengejar kedua pebalap tersebut.

Lima belas lap menjelang akhir balapan, Dovizioso terus menggeber Desmosedici GP18 miliknya. Marquez mengikuti tepat di belakangnya, sementara Rossi juga terus membuntuti -kendati posisinya sedikit agak jauh di belakang keduanya.

Persaingan ketat Dovizioso dan Marquez -dengan Rossi membuntuti di posisi ketiga- terus berlangsung hingga tiga putaran menjelang akhir. Marquez sempat menyalip, tetapi sebelum tikungan terakhir di lap ketiga, Dovizioso kembali mengambil alih posisi terdepan. Tipis.

Dari catatan yang dilansir, Dovizioso hanya unggul 0,775 detik atas Marquez. Dovizioso pun harus berusaha habis-habisan untuk mempertahankannya.

Yang ditakutkan Dovizioso pun terjadi, di putaran terakhir Marquez akhirnya menyalipnya. Berulang kali Dovizioso berusaha menyalip Marquez di beberapa tikungan, tetapi usahanya gagal. Dovizioso memang sempat sebentar menyalip pebalap asal Spanyol itu, tetapi akhirnya cerita berakhir lain: Di tikungan terakhir, Marquez mengambil alih posisi pertama dan akhirnya keluar sebagai juara.

Lalu, bagaimana dengan Rossi? Ia akhirnya harus puas finis di posisi keempat setelah rekan setimnya di Yamaha, Mavarick Vinales, menyalipnya dan finis di posisi ketiga.


(kumparan.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
GOTI Commanders’ Forum 2018, Delegasi Bakamla Hadir Sebagai Observer
Inilah Jadwal Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2018/19
Legenda Man United: Tak Ada Tim yang Mau Hadapi Liverpool di Liga Champions
Hasil Lengkap Pertandingan Liga Champions: Liverpool dan Tottenham Lolos ke 16 Besar
Liverpool Kalahkan Napoli, Klopp Sanjung Salah dan Alisson

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad