Home  / Sport
Bungkam Chelsea 3-0, Barcelona Melaju ke Perempat Final Liga Champions
Kamis, 15 Maret 2018 | 07:43:38
(Foto: REUTERS/Albert Gea)
Selebrasi gol Messi ke gawang Chelsea.
SATU tiket di babak perempat final Liga Champions berhasil diraih Barcelona usai menaklukkan Chelsea 3-0 pada leg kedua babak 16 besar, Kamis (15/3/2018) dini hari WIB di Camp Nou. Dua gol Lionel Messi dan sebiji gol Ousmane Dembele menggenapkan tiga gol milik Blaugrana di laga tersebut. Torehan ini sekaligus menggenapkan keunggulan Barcelona dengan agregat 4-1. 

Tak ada pergantian signifikan dalam komposisi pemain Barcelona dibanding leg pertama. Tentu saja Lionel Messi dan Luis Suarez masih menjadi duet penyerang dalam format yang diusung Ernesto Valverde. 

Terhitung, hanya Ousmane Dembele yang diberi mandat untuk mengisi pos sayap kanan, menggantikan Paulinho. Sementara Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan Ivan Rakitic menjadi pelindung area tengah, sekaligus sebagai jembatan dari lini belakang ke depan.   

Antonio Conte melakukan perubahan skema di lini depan. Jika di leg sebelumnya mantan pelatih Juventus itu mengandalkan Eden Hazard di garda terdepan, kini Olivier Giroud yang jadi pilihan. Sedangkan Hazard ditarik ke belakang untuk berduet bersama Willian sebagai penyokong serangan. 

Untuk sektor lainnya, masih sama dengan sebelumnya. Trio Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, dan Antonio Ruediger diplot untuk melindungi Thibaut Courtois sebagai palang pintu terakhir. Cesc Fabregas dan N’Golo Kante menjejali lini tengah, sedangkan Marcos Alonso dan Victor Moses mengisi pos wing-back.

Baru dua menit berjalan, laga seakan sudah mencapai klimaksnya. Lewat umpan satu dua dengan Suarez, Messi menaklukkan Courtois dengan melepaskan tendangan ke sela kaki Courtois. Barcelona lalu unggul 1-0. 

Setelah tertinggal, Chelsea cenderung dominan dalam menggempur pertahanan tuan rumah. Di menit 11, Willian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, aksinya masih bisa diredam Marc-Andre ter Stegen.  

Belum sempat membalas, gawang Chelsea kembali kebobolan. Lagi-lagi Messi yang menjadi otak dari aksi Barcelona. La Pulga dengan tenang mengirimkan umpan mendatar yang kemudian diakhiri dengan apik oleh Dembele. Gol tersebut merupakan lesakan perdana pemain berusia 20 tahun itu untuk Barcelona di ajang resmi. 

Tujuh menit berselang, giliran Suarez yang unjuk gigi. Kali ini, Courtois berhasil menggagalkan sepakan jarak eks pemain Liverpool tersebut. Sementara, dalam rentang menit 36 hingga 37, Chelsea mendapatkan sepasang peluang emas melalui Alonso dan Kante. 

Sepakan jarak dekat Alonso masih mampu dihentikan Ter Stegen, sedangkan tendangan Kante belum menemui sasaran. Wing-back yang dibeli dari Fiorentina itu bisa saja memperkecil kedudukan andai eksekusi tendangan bebasnya tak membentur mistar gawang. Skor 2-0 untuk Barcelona bertahan hingga turun minum.  

Di menit 55, Valverde menukar Iniesta dengan Paulinho demi menyeimbangkan lini tengah. Meski tak lebih kreatif daripada seniornya, Paulinho relatif lebih apik dalam memenangi duel dan juga oportunis dalam memanfaatkan celah dari lini kedua. Hasilnya manjur. Messi sukses mencetak gol keduanya di menit 63. Uniknya, dia mengelabui Courtois dengan cara yang sama: mengarahkan bola di antara kaki kiper Tim Nasional Belgia tersebut.    

Conte kemudian bereaksi dengan memasukkan Alvaro Morata dan Davide Zappacosta untuk menggantikan Giroud dan Moses. Disusul dengan Pedro Rodriguez yang ditukar dengan Hazard. Namun, kedaan tak berubah. Chelsea semakin buntu di lini depan, sementara Barcelona sebaliknya. 

Messi hampir saja mencetak hat-trick di menit 78 via tendangan bebas. Paulinho pun sempat mengancam di menit 84. Beruntung bagi Chelsea karena dua ancaman tersebut sukses diredam Courtois. Hingga menit akhir pun, Chelsea tak mampu menjebol gawang Barcelona. Skor 3-0 untuk Barcelona bertahan hingga akhir pertandingan. 

(kumparan.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Eko Yuli Irawan Tambah Emas untuk Indonesia di Asian Games 2018
Balap Sepeda Gunung Sumbang Medali Emas ke-4 Indonesia di Asian Games 2018
Terusir dari Wisma Atlet Jadi Faktor Tim Menembak Indonesia Gagal
Siapa yang Menerbangkan Motor saat Pembukaan Asian Games? Ini Jawaban Jokowi
Fakta-Fakta Penerimaan CPNS 2018 Molor dan Menpan-RB Baru

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad