Home  / Sport
PSSI Resmi Pecat Indra Sjafri sebagai Pelatih Timnas U-19
Selasa, 21 November 2017 | 18:03:57
(Foto: Dok. pribadi)
Indra Sjafri di Korea Selatan
JAKARTA - Persatuan Sepakboal Seluruh Indonesia (PSSI) memecat Indra Sjafri sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Kontrak Indra Sjafri sendiri berakhir pada 13 Desember 2017. 

Kepastian itu diungkapkan oleh Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria, saat Jump Pers PSSI terkait Evaluasi Timnas U-19.

"Langkah pertama adalah tidak menugaskan Coach Indra Sjafri untuk Timnas U-19," ucap Tisha di Kantor PSSI, Grand Rubina Epicentrum, Kuningan, Selasa (21/11/2017).
Tisha melanjutkan, Indra memiliki tugas baru dan berat untuk mendata basis pemain dan melakukan scouting pemain ke pelosok.

"Untuk itu, PSSI dengan ini menyatakan bahwa ada tugas besar dan tugas baru untuk Coach Indra Sjafri," lanjut Tisha.

Apa yang dilakukan PSSI tentunya bukan tanp alasan. Indra Sjafri sendiri dikenal sebagai pelatih yang dapat mengorbitkan pemain muda berbakat.

Ada dua kesuksesan yang bisa menjadi tolak ukur. Tolak ukur yang pertama adalah jumlah trofi, maka Indra Sjafri dapat dikatakan biasa saja -sukses enggak, gagal juga enggak-. Meski berhasil mendapatkan trofi piala AFF-U19 pada tahun 2013, Indra Sjafri kering prestasi pada tahun 2017.

Namun, bila tolak ukur kesuksesan pelatih ialah mengorbitkan pemain muda berbakat, maka Indra Sjafri dapat dikatakan pelatih tersukses Indonesia saat ini. Berhasil mengorbitkan nama-nama seperti Evan Dimas, M. Hargianto, Hansamu Yama Pranata, I Putu Gede, dan M. Ilham Udin Armayd pada tahun 2013. Tahun ini, ia kembali mengorbitkan pemain muda berbakat seperti Egy Vikri Maulana, M. Rafly dan juga M. Luthfi. 

Sebenarnya, apa yang dicatatakan Indra Sjafri pada tahun ini -diluar kegagalan mendapatkan trofi- tidak begitu mengecewakan. Berhasil memenangkan enam pertandingan dari sepuluh laga uji coba, dan hanya kalah dari Espanyol B dengan skor 4-2 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat merupakan hasil yang lumayan bagus.

Gol yang ditorehkan anak asuh Indra Sjafri pada tahun ini pun sangat membahagiakan, melakoni 23 pertandingan, Egy cs berhasil melesatkan 59 gol. Namun, ganasnya lini depan tidak diimbangi dengan kuatnya lini pertahanan, ini terbukti dari 27 gol yang bersarang di gawang Timnas U-19.

Di dua laga awal Pra Piala Asia U-18 2018 yang berlangsung di Paju, Korea Selatan, skuat Garuda Muda berhasil mencatatkan sepuluh gol tanpa satu kali pun kebobolan, saat berhasil menandaskan Timor Leste dan Brunei Darussalam dengan skor yang sama, 5-0. Akan tetapi, di dua pertandingan selanjutnya, anak asuh Indra Sjafri harus menerima kekalahan dari Korea Selatan dengan skor 4-0, dan ditumbangkan Malaysia dengan skor 4-1. 

Kekalahan yang menyakitkan dari Malaysia inilah yang disinyalir menjadi awal dari isu akan dilepasnya Indra Sjafri dari kursi pelatih Timnas U-19. Dan hari ini, Selasa (21/11), Indra Sjafri benar-benar harus mundur dari jabatannya. 

(kumparan.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Solusi Investasi Tanpa Riba di BMT Indragiri
BMT Jami’ Ganti Nama BMT Indragiri
Alquran dan Sains Jelaskan Indra Manusia Miliki Keterbatasan, Apa Saja?
Bupati Wardan Buka Festival Sungai Indragiri
Indra J Piliang Direhabilitasi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad