Home  / Sport
Dua Penyandang Tunagrahita Perkuat Tim Basket Meranti di Porda Riau
Rabu, 1 Oktober 2014 | 19:07:40
anje/riaueditor.com
Darwin dan Hentry, Atlit Tunagrahita bagian tim Basket Kepulauan Meranti.
SELATPANJANG, riaueditor.com– Dua anak penyandang Tunagrahita akan memperkuat tim Basket Kabupaten Kepulauan Meranti Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau ke VIII di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada 18 Oktober 2014 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Jumadi, S.Kom salah satu pengurus dan pelatih SOIna Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Dua anak kita penyandang Tunagrahita, yaitu Darwin (17) dan Hentry (18) siswa SMK Patria Dharma, mereka sudah dipastikan akan memperkuat tim basket Kabupaten Kepulauan Meranti pada Porda Riau di Inhu mendatang. Terpilihnya mereka ini karena memang kemampuan mereka sangat luar biasa. Mereka juga sudah pernah mengharumkan nama Riau pada Pornas SOIna di Makasar beberapa waktu lalu dengan menyumbangkan medali emas," ucap Jumadi kepada riaueditor.com.
 
Dijelaskan Jumadi meskipun kedua anak ini memiliki keterbatasan dalam berpikir dan belajar, namun di lapangan mereka selalu tampil prima dan memukau dalam mendrible dan melakukan shoot bola ke keranjang sebagaimana anak normal.
 
"Tunagrahita atau intelektual disabilities adalah individu yang diindentifikasikan oleh psikolog memiliki kelambanan dalam berpikir dan belajar serta kesulitan dalam berbicara. Hal itu diukur dengan level IQ dibawah 70. Namun, apabila berhubungan dengan sesuatu yang mereka minati atau hobi, mereka akan terlihat berbeda," jelas Jumadi.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Masrul Kasmy mengungkapkan rasa kagumnya dengan kemampuan penyandang tunagrahita, yang mampu tampil memperkuat tim basket pada Porda Riau di Inhu mendatang.
 
Wabup juga berkeinginan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan Penghargaan kepada atlet-atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama daerah. Tidak hanya dalam bentuk bonus saguhati ketika berhasil memenangkan perlombaan.
 
"Salah satu bentuk penghargaan itu bisa berupa beasiswa, diberi peluang kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, atau penerimaan CPNS melalui jalur atlet dan lain sebagainya. Karena sesungguhnya mereka ini menjadi pahlawan dan icon bagi Kabupaten Kepulauan Meranti," tandas Wabup. (Je)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bupati Pimpin Persiapan Cabor Siak di Porprov Riau 2017 Kampar
Rohil Utus 3 Pembalap Ikuti Porprov Riau 2017 di Kampar
Bupati Kampar Tinjau Venue Porprov Riau Ke-IX
Petani di Inhu Kedapatan Bakar Lahan
Gubri Lantik 109 Panpel Porprov Riau IX Tahun 2017

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU