Home  / Sosial
Memanfaatkan Kolam Warga Yang Tidak Terpakai,
Brigadir Syukri Ajak Para Pemuda Buat Program Kolam Ikan Kamtibmas
Rabu, 26 Juli 2017 | 08:31:15
riaueditor.com
INHU, riaueditor.com - Bhabinkamtibmas adalah anggota Polri yang bertugas di tingkat Desa dengan mengemban fungsi Pre-emtif dan preventif,  yang dilakukan dengan cara bermitra dengan menyentuh langsung ke masyarakat Desa binaannya.

Program Bhabinkamtibmas Brigadir Syukri, selain melaksanakan Sosialisasi dan Penyuluhan tentang bahaya Narkoba kepada pelajar di Wilayah Desa Binaannya yaitu Desa Seberida dan Desa Usul Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu. Brigadir Syukri juga membuat program terbaru dengan nama "Kolam Ikan Kamtibmas".

Kolam Ikan Kamtibmas merupakan program membudidayakan ikan di kolam milik warga, dimana hasilnya nanti bisa meningkatkan perekonomian warga khususnya para pemuda di Desa Usul Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Inhu.

Program yang sedang dijalankan Brigadir Syukri bersama para pemuda Desa Usul Kecamatan Batang Gansal, yang mana Program dimulai sejak 3 Bulan yang lalu.

Saat itu Brigadir Syukri melihat Potensi yang bisa dikembangkan di Desa Binaannya yaitu membudidayakan Ikan dengan cara memanfaatkan Kolam milik warga yang sudah tidak terpakai.

"Saya mengadakan rapat bersama pemuda Desa Usul untuk bekerja sama dalam menjalankan Program Budi Daya ikan, dan terbentuklah kelompok untuk menjalankan program ini yaitu kelompok Kolam Ikan Kamtibmas," ungkap Brigadir Syukri

Yang mana bibit ikan yang dipilih adalah ikan Nila. Dikarenakan bibit ikan Nila dapat berkembang biak saat dipelihara di dalam Kolam Ikan Kamtibmas.

Kemudian setelah program ini terbentuk melalui rapat pemuda, selanjutnya Brigadir Syukri menjumpai tokoh masyarakat yang bernama Bapak Sasi, untuk membicarakan Program Kolam Ikan Kamtibmas serta meminjam Pakaikan salah satu Kolam Ikan beliau yang tidatidak terpakai.

Kemudian Bhabinkamtibmas Brigadir Syukri bersama para pemuda Desa Usul melaksanakan gotong royong untuk membersihkan kolam ikan tersebut dan setelah itu memasang kerambah dan setelah di masukkan Bibit Ikan Nila.

Adapun dalam hal pemberian pakan ikan Nila tersebut Brigadir Syukri membentuk Jadwal kepada para pemuda Desa Usul, untuk memberikan makan ikan Nila tersebut setiap harinya.

"Alhamdulillah program Ini berjalan sudah hampir 3 bulan dan perkembangan sangat cepat dan bagus. Harapan saya semoga dengan adanya program Kolam Ikan Kamtibmas dapat membantu dan menambah perekonomian masyarakat terutama bagi  pemuda Desa Usul Kecamatan Batang Gansal," terang Brigadir Syukri.

Peran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil yakni tingkat desa. 

Tugas yang terlihat sederhana, namun sungguh mulia, selamat bertugas untuk Bhabinkamtibmasku, Bhayangkara sejati, semoga sukses selalu. (gam)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Larikan Mobil Dump Truk Berisi Sawit, Supir dan Kernet Ditangkap
Panglima TNI Resmikan Satuan Siber TNI
Kampar Akan Bangun Gedung Beku Perikanan Terintegrasi Senilai 20 Milyar
Operasi Shearwater V, KN Gajah Laut 4804 Bakamla RI Peringatkan Kapal Ikan Lewati ZEEI
Danrem 031/Wira Bima: Kenaikan Pangkat Bagian Dari Sistem Pembinaan Personel

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad