Home  / Sosial
Bupati: PT Medco Bodohi Masyarakat Pelalawan
Kamis, 29 Mei 2014 | 18:07:38
zul/riaueditor.com
PELALAWAN, riaueditor.com- Dalam aksi yang dilakukan puluhan massa dan tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan yang tergabung dalam Forum Masyarakat Pelalawan Merebut Block Kampar (F-MPMBK), Rabu (28/5/2014) di gedung DPRD Pelalawan, terlihat hadir Bupati Pelalawan, HM Harris. Bupati menuding Medco Energy telah melakukan Pembodohan terhadap masyarakat Pelalawan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menegaskan bahwa tidak ada hasil yang didapat Pemkab Pelalawan dari Blok Kampar selama ini. Baik itu kesejahteraan masyarakat sekitar, perekrutan tenaga kerja hingga kontribusi Medco terhadap pendidikan.

HM Harris juga mengatakan, pembagian DBH untuk sector ini juga tidak adil. Di mana jika Pemkab Pelalawan menanamkan saham di blok Kampar, maka akan mendapatkan hasil 10 persen. Sedangkan jika tidak menanamkan saham, maka akan mendapat 5 persen.

"Padahal blok Kampar terletak di daerah Kabupaten Pelalawan. Semoga blok Kampar ini bisa direbut dan dikelola oleh daerah sendiri. Dengan direbutnya blok Kampar, 5 atau 10 tahun mendatang, putra tempatan bisa duduk disana," ungkap Bupati lagi.

Orang nomor satu di Pelalawan ini juga menilai PT. Medco telah melakukan pembodohan terhadap masyarakat Pelalawan, seperti saat Pemkab Pelalawan melayangkan surat ke SKK Migas yang merupakan induk yang mengatur urusan Migas dan diteruskan kepada Medco sebagai pengelola Blok Kampar.

Surat itu, kata Harris, Pemkab Pelalawan bermaksud menanyakan terkait berakhirnya masa kontrak PT. Medco dalam pengelolaan Blok Kampar akhir 2013 lalu.  Namun, surat pertama dan kedua justru tidak mendapatkan jawaban. Anehnya, pihak Medco justru mendapat perpanjangan masa kontrak selama enam bulan terhitung sejak 27 November 2013 setelah masa kontrak berakhir.

Dalam ketentuannya, kata Bupati Harris daerah juga punya hak mengelola migas seperti daerah lain, ini sebagai imbas otonomi daerah. "Kita dibodohi mereka. Perpanjangan kontrak pertama sudah habis dan diteruskan pula perpanjangan tahap kedua," ungkapnya.(zul)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
LIRA Kampar: Sikut Menyikut, Sogok Menyogok Dan Korupsi Perlu Pembuktian
Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Aktifkan Patroli Karhutla Terpadu Bersama Bhabinkamtibmas
Dandim 0313/Kpr Terima Kunjungan Dan Silahturahmi Bupati Dan Wakil Bupati Kampar
‎Gubri Lantik Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar, Jalankan Amanah Sebaik-baiknya
Gakum DLHK Riau Duga Beri Angin Segar Buat Bandit Perusak Hutan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU