Home  / Senibudpar
Balai-Balai Rumdis Wakil Bupati Kampar Tidak Melambangkan Khas Kampar
Jumat, 13 Juli 2018 | 07:31:06
istimewa
KAMPAR, riaueditor.com - Bangunan balai-balai di rumah dinas Wakil Bupati Kampar menjadi perbincangan masyarakat. Mulai dari warga biasa, pecinta dan pemerhati adat hingga tokoh adat. 
 
Pasalnya, pendirian bangunan yang bersumber dari APBD Perubahan Tahun 2017 dengan pagu anggaran senilai Rp 200 juta itu tidak melambangkan adat Kampar melainkan lambang adat daerah lain. 

Seniman sekaligus pemerhati adat Kampar, Syaifullah kepada awak media ini, Kamis (12/7/2018) menyesalkan bangunan tersebut tidak melambangkan khas Kampar melainkan khas daerah lain. Ini bisa menimbulkan persoalan di tengah masyarakat

Dikatakan, rumah dinas (Rumdis) Wakil Bupati Kampar merupakan salah satu icon Kampar, hendaknya melambangkan khas Kampar, bukan daerah lain.

Jika bangunan tersebut tidak segera dibongkar atau diperbaiki bisa memancing kemarahan masyarakat Kampar, terutama Ninik Mamak dan para anak keenakan, ucap Syaifullah.

Salah seorang aktivis Kampar, Rahmat memprotes keras pembuatan bangunan tersebut. 

"Jalan ditukau oleh ughang lalu, cupak lah ditukau oleh ughang pangale," ujar Rahmat sembari mengingatkan, jan sampe anyut detau tuk.

Sementara, ketua Lembaga Adat Kampar (LAK), Sartuni yang bergelar datuok Maharajo Kenegerian Air Tiris saat dimintai tanggapannya mengenai hal ini menyampaikan,  di mana bumi di pijak di situ langit dijunjung.

Dikatakan, hendaknya setiap kegiatan pembangunan yang menggunakan APBD Kampar bisa melambangkan khas dan budaya Kampar, tukasnya. (Syailan Yusuf)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Penimbunan Kernel Marak Di Kampar, Aktivis Minta Aparat Segera Bertindak
Nyatakan Sikap, LBH Pekanbaru dan Ormas Perempuan Kecam Arogansi Satpol PP Kampar
Satpol PP Kampar Tendang Ibu Hamil Hingga Korban Dilarikan ke RSUD
Viral, Video Satpol PP Kampar Tendang Ibu-Ibu Pendemo Hingga Pingsan
Mantan Ketua Nasdem Usul 3 Nama Cawabup Siak

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad