Home  / Senibudpar
Bupati Bengkalis Buka Perhelatan Kenduri Melayu dan Upacara Atib Togak
Jumat, 27 Oktober 2017 | 18:42:34
Diskominfo Bengkalis
PINGGIR, riaueditor.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin secara resmi membuka perhelatan kenduri melayu dan upacara atib togak atau disebut dengan dzikir berdiri, yang diselenggarakan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora), Kabupaten Bengkalis Kamis sore 26 Oktober 2017 di halaman Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Pinggir Desa Balai Pungut.

Peresmian kenduri melayu dan atib togak tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi istri serta Plt Kadis Disbudparpora Bengkalis, Camat Pinggir, Kapolsek Pinggir dan Anggota DPRD Bengkalis. Perhelatan kenduri melayu dilakukan usai sholat magrib, sementara atib togak dilakukan usai sholat isya berjamaah.

"Dalam sambutan Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, Atas nama pemerintah Kabupaten Bengkalis, menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan kenduri melayu dan budaya atib togak ini, sehingga dapat bersama"sama menjaga dan memelihara nilai"nilai budaya yang terkait dengan nilai etika, moral dan adab yang merupakan inti adat istiadat kebiasaan masyarakat sehingga dapat teraktualisasi dalam kehidupan.

"Amril menambahkan, Seperti diketahui bersama, pelaksanaan atib togak adalah salah satu seni budaya merangin yang lahir setelah masuknya agama islam pada abad ke-13 m. Budaya ini beradabtasi dan kemudian berakulturasi antara budaya islam dengan budaya melayu tua di merangin. Dari hasil perkawinan budaya inilah maka lahir sebuah bentuk budaya baru pada masa itu yang disebut atib togak.

Atib togak dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mengagung-agungkan asma Allah pada acara keagamaan seperti menyambut bulan ramadhan, lebaran, dan hari besar islam lainnya. Dan pada hari ini kita sama-sama melaksanakannya dalam kenduri melayu berdo’a bersama memohon petunjuk dan keselamatan kepada Allah SWT.

Masih kata Bupati, Biasanya acara ini dilakukan di langgar atau mesjid yang lantainya terbuat dari papan yang berbentuk panggung sehingga hentakan kaki pada lantai tersebut dapat menghasilkan bunyi pada saat atib berlansung, irama yang dilantunkan mengikuti hentakan kaki tersebut.

"Tampak hadir pada acara tersebut, Asisten II Setda Bengkalis, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis Susianto SR, anggota DPRD Dapil Pinggir, serta sejumlah pejabat lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(mur/dr)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tiga Siswa SDN 5 Bengkalis Terima Beasiswa Berprestasi
Hari Ke-14 Ops Zebra Siak 2017, Polda Riau Catat 12.168 Kasus Pelanggaran
Hari Ke-13 Operasi Zebra Siak 2017, Polda Riau Keluarkan 11.366 Surat Tilang
Prajurit TNI Konga Unifil Meriahkan Beirut Marathon 2017 di Lebanon
Maju di Pilkades Domo, Baharin Candra Ingin Mengabdi pada Masyarakat

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad