Home  / Senibudpar
Kompang Desa Simpang Ayam Bengkalis Tampil di Malaysia
Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:08:21
der/riaueditor.com
Grup Kompang Desa Simpang Ayam Bersaudara dari Bengkalis Riau, saat menabuh kompang pada malam dan acara berarak pengantin anak Ketua Kampung (Kepala Desa) H. Arif Bin Damanhuri di Kuala Selangor, Malaysia.
SELANGOR, MALAYSIA - Persembahan tabuhan kompang Bengkalis, bukan saja terkenal di Provinsi Riau semata, akan tetapi tabuhan tersebut juga terasa hingga ke negeri serumpun Malaysia.

Seni budaya Melayu yang identik dengan seni religius bernuansa Islami ini, adalah salah satu seni budaya Melayu yang telah ada sejak lama khususnya di Bengkalis.

Hampir seluruh pelosok desa di Kabupaten Bengkalis memiliki grup atau kelompok kompang. Sehingga, bisa dikatakan kompang sudah bersebati dengan Melayu dan mendarah daging di masyarakat Bengkalis.

Demikian disampaikan Anuar, Ketua Grup Kompang Desa Simpang Ayam Bersaudara kepada wartawan pada Jumat 13 Oktober 2017 malam lewat pesan whataps-nya saat memenuhi undangan pernikahan dan diminta untuk menabuh kompang dalam serangkaian acara pernikahan kerabatnya di Selangor, Malaysia.

"Saat ini kami grup Kompang Desa Simpang Ayam, Bengkalis diundang oleh saudara kami H. Muhamat Arif Bin Damanhuri atas pernikahan anaknya di Batu 8 Ijuk Kuala Selangor, Malaysia," kata Anuar.

Masih kata Anuar, mereka yang berjumlah belasan orang sejak Jumat malam hingga sabtu siang malam masih terus bermain kompang.

Para undangan pada Sabtu tersebut, sambil menyantap hidangan bertambah nikmat menyantap makanan, karena diiringi persembahan kompang yang walaupun terasa asing tapi sangat indah didengar.

Anuar berharap, seni kompang ini bisa eksis dan hidup terus di Bengkalis, dan tidak luntur seiring dengan perkembangan zaman globalisasi sekarang ini.

H. Arif yang mengundang grup kompang ini menyebutkan beberapa undangan yang hadir dalam pesta pernikahan tersebut bertanya-tanya berasal dari mana pemain kompang ini. Lalu dia jawab dari indonesia yang berasal dari Desa Simpang Ayam Bengkalis Riau. 

"Undangan kami memuji tabuhan kompangnya sangat syahdu dan enak didengar telinga," pungkasnya. (def/ef)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-43, Bukit Batu Turunkan 2000 Peserta Pawai Taaruf
Semaraknya Pawai Taaruf MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Bengkalis
SKK Migas Sumbagut Paparkan Rencana Kerja ke Pemkab Bengkalis
Kafilah Talang Muandau Siap Buat Kejutan Saat Debut di MTQ XLIII Bengkalis 2018 di Bukit Batu
Cetak KTP, Warga 4 Kecamatan Tak Perlu ke Bengkalis

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad