Home  / Senibudpar
Pemkab Inhil Kembali Gelar Menongkah Hetirage 2017 Di Pantai Bidari
Senin, 14 Agustus 2017 | 02:19:08
aditya
Salah Seorang Peserta yang Sedang Asik Mencari Kerang Sebelum dimulainya Perlombaan.
TEMBILAHAN, riaueditor.com - Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Indragiri Hilir tidak henti-hentinya mempromosikan iven wisata yang ada di Kabupaten Indgiri Hilir. Hal ini ditandai dengan digelarmya kembali Iven Menongkah Heritage, pada Sabtu (12/8/2017).

Kegiatan dipusatkan di Pantai Bidari Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, yang merupakan kawasan destinasi Ekowisata pesisir sejak tahun 2010.

Festival menongkah tahun ini mengusung tema "Lestarikan Budaya Menongkah Sebagai Ikon Budaya Daerah Kabupaten Indragiri Hilir". Merupakan Iven yang rutin dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan memperkenalkan kepada dunia luar bahwa etnis Duanu juga memiliki kebudayaan yang menunjukkan bahwa mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan memperkaya khasanah budaya di Inhil.

Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau Fahmizal Usman, melalui kepala bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Hj Yulisma mengatakan, kegiatan Festival Menongkah Heritage ini menampilkan aktraksi Menongkah, lomba merapah (berjalan di atas lumpur), lomba lompat lumpur, fenomena sampan Kajang, permainan titian lumpur dan peragaan aktivitas kesenian masyarakat Duano.

"Sejak tahun 2008, Festival Menongkah ini sudah dilaksanakan dan telah meraih rekor MURI dengan kategori menongkah peserta terbanyak dan Rekor mandi lumpur di atas papan tongkah dengan peserta terbanyak," kata Hj Yulisma saat menyaksikan iven tersebut di Pantai Bidari Desa Tanjung pasir, Sabtu (12/8/2017).

"Semoga dengan digelarnya Iven ini akan turut mendorong Riau menyapa dunia melalui iven Pariwisatanya, sekaligus memperkenalkan kepada khalayak luas kalau etnis Duanu juga memiliki kebudayaan yang menunjukan bahwa mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan memperkaya khasanah budaya di Inhil," ujar Hj Yulisma.

Kegiatan Menongkah Heritage dibuka langsung oleh Bupati Inhil HM Wardan, turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Inhil. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Inhil memberikan bantuan berupa mesin (Robin) kepada masyarakat disana dan turut serta melakukan penebaran benih kerang di tepian pantai bidari. (Advetorial Disbudparpora)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Hari Ke-14 Ops Zebra Siak 2017, Polda Riau Catat 12.168 Kasus Pelanggaran
Hari Ke-13 Operasi Zebra Siak 2017, Polda Riau Keluarkan 11.366 Surat Tilang
Prajurit TNI Konga Unifil Meriahkan Beirut Marathon 2017 di Lebanon
Maju di Pilkades Domo, Baharin Candra Ingin Mengabdi pada Masyarakat
Panglima TNI Hadiri The Defense & Security 2017 di Thailand

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad