Home  / Senibudpar
Dihadiri Kapolres Inhil,
Ribuan Massa Saksikan Festival Budaya Pengantin Sahur di Inhil
Minggu, 11 Juni 2017 | 14:41:55
afs/riaueditor.com
INHIL, riaueditor.com - Ribuan masyarakat turun ke jalan menyaksikan festival budaya pengantin sahur yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Minggu dinihari, (11/06/17).

Turut hadir Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung SIK, didampingi oleh Waka Polres Inhil, Kompol Dr H Azwar S.Sos,M.Si dan sejumlah Perwira Polres Inhil.

Festival Budaya Penganten Sahur bertujuan untuk membangunkan warga agar tidak ketiduran dan bisa segera makan sahur ini menjadi pusat perhatian  ribuan warga masyarakat yang berdatangan dari Desa Pulau Palas dan desa-desa sekitarnya. 

Menariknya, para pengantin dadakan ini dirias mewakili RT, RW dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas. Sebagai sebuah kearifan lokal, Festival ini sendiri sudah berlangsung lama, semenjak tahun 1970 dan selalu dilestarikan dan diselenggarakan pada Sabtu malam di bulan Ramadhan.

Pada festival kali ini ada 12 pasang pengantin dengan kriteria yang dinilai adalah kecantikan mempelai wanita dan keserasian pasangan pengantin serta singgasana tempat pengantin akan diarak, di sekeliling Desa Pulau Palas.

Kapolres Inhil yang didaulat untuk memberikan sambutan mengatakan bahwa kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif dan berharap tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi event wisata lokal. Untuk itu Kapolres menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Desa Pulau Palas dan Panitia Penyelenggara, dan berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaanya. 

Selain itu, Kapolres menyatakan bahwa Polres Inhil bersama masyarakat Desa Pulau Palas dan pengunjung dari daerah lain di Kabupaten Inhil siap mengamankan kegiatan ini.

Untuk mengamankan kegiatan ini Polres Inhil menurunkan 60 orang personel, dibantu oleh TNI dan panitia setempat. Usai festival budaya penganten sahur dilaksanakan, dilanjutkan dengan makan sahur bersama.(Afs)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Warga Teluk Pinang Temukan Mayat Kakek 80 Tahun di Dalam Semak
Babinsa Koramil 12/Pwk Sabak Auh Ikut Semarakan Pawai Budaya Siak Bermadah
Kearifan Lokal dan Budaya Daerah Harus Dimunculkan Kembali
Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 031 PD I/BB Bersama PG Kostrad Wisata Budaya ke Istana Siak
Bupati Wardan Ajak Masyarakat Concong Sukseskan Program Prioritas Pemkab Inhil

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad