Home  / Religi
Penyembelihan Hewan Qurban di Masjid Taqwa Muhammaddiyah Berjalan Lancar
Sabtu, 2 September 2017 | 16:29:28
hen/riaueditor.com
BAGANSIAPIAPI, riaueditor.com - Penyembelihan 8 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing hewan qurban yang dilaksanakan di Masjid Taqwa Muhammaddiyah Bagan Hulu, Sabtu (2/9/2017) atau 2 Dzulhijjah 1438 berjalan lancar. Masyarakat sekitar masjid pun berbondong bondong menyaksikannya.

Pemotongan 8 sapi yang terbagi dalam 8 kelompok dan setiap kelompoknya terdiri dari 7 orang. Sementara 5 ekor kambing di masjid Taqwa Muhammadiyah adalah qurban dari hamba-hamba Allah yang memiliki kelebihan rejeki serta berkemampuan.

Adapun yang bertindak sebagai penyembelih hewan Qurban adalah Imam Masjid, Ali Ujang, H Hermanto Latima, dan Umar yang didampingi Ketua Panitia Azroni, Sekretaris Afrizal.

"Alhamdulillah, penyembelihan hewan Qurban dari hamba-hamba Allah di Masjid Taqwa Muhammaddiyah sudah dilaksanakan dengan baik, selanjutnya akan kita bagikan langsung kepada masyarakat terutamanya masyarakat yang berhak (tidak mampu) sesuai dengan syariat Islam," ujar salah seorang panitia, Ferry, Sabtu (02/9).

Berqurban pada hakikatnya adalah suatu bentuk pengabdian dan kepasrahan seorang hamba yang bertaqwa dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

Allah berfirman:

ู„ูŽู†ู' ูŠูŽู†ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู'ูŽู‡ูŽ ู„ูุญููˆู…ูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุฏูู…ูŽุงุคูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู' ูŠูŽู†ูŽุงู„ูู‡ู ุงู„ุชู'ูŽู‚ู'ูˆูŽู‰ ู…ูู†ู'ูƒูู…ู' ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุณูŽุฎู'ูŽุฑูŽู‡ูŽุง ู„ูŽูƒูู…ู' ู„ูุชููƒูŽุจู'ูุฑููˆุง ุงู„ู„ู'ูŽู‡ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ู‡ูŽุฏูŽุงูƒูู…ู' ูˆูŽุจูŽุดู'ูุฑู ุงู„ู'ู…ูุญู'ุณูู†ููŠู†ูŽ (37) ุงู„ุญุฌ

โ€œDaging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baikโ€ . (Al-Hajj:37).

Pada ayat di atas Allah SWT menyatakan bahwa tujuan disyariโ€™atkan penyembelihan hewan-hewan qurban ini tidak lain agar semua hamba mengingat-Nya saat menyembelihnya. Sebab Allah-lah yang menciptakan dan yang memberi rizki. Disebutkan dalam hadis :

ุฅูู†ู'ูŽ ุงู„ู„ู'ูŽู‡ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู'ุธูุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุฌู'ุณูŽุงุฏููƒูู…ู' ูˆูŽู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุตููˆูŽุฑููƒูู…ู' ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู' ูŠูŽู†ู'ุธูุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ู‚ูู„ููˆุจููƒูู…ู' โ€" ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…

โ€œSesunggunya Allah tidak memandang bentuk badanmu dan tidak pula bentuk rupamu, akan tetapi Dia memandang hatimuโ€ (Shahih Tafsir Ibnu Katsir jilid 6, 2013).

" kita Menghimbau kepada Umat Islam yang memiliki kelebihan Rejeki serta kemampuan agar berlomba lombalah dalam mengapai Ridho Allah, karena  Hanya orang-orang yang bertakwa serta ikhlas sajalah Amal Qurbannya  di terima oleh Allah Swt.Tandasnya.

Kisah lain ialah qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as dan putranya Ismail. Diceritakan dalam Al-Quran surat as-Saffat ayat 102-107 yang artinya:

โ€œMaka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: โ€œHai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!โ€ Ia menjawab: โ€œHai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabarโ€.

Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: โ€œHai Ibrahim. Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi ituโ€, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besarโ€.

23 Perintah Qurban dalam Al Quran

Ketulusan dan kepasrahan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail untuk melaksanakan perintah Allah tidak diragukan. Iblis selalu berusaha untuk menggodanya, namun Ibrahim tetap kuat dan kukuh untuk melaksanakan perintah Allah walaupun hanya lewat mimpi (ruโ€™yah shadiqah). Dengan ketabahan, ketulusan, dan tawakkal kepada Allah, ia melaksanakan perintah tersebut dengan penuh keyakinan, kepasrahan dan keikhlasan.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, โ€œKetika Ibrahim as diperintahkan untuk mengurbankan anaknya, syaitan menghadangnya ditempat saโ€™i (berlari-lari kecil) dan ingin mendahuluinya, tetapi Ibrahim lebih dulu sampai. Kemudian Malaikat Jibril membawanya menuju Jumratul โ€˜Aqabah, di sini syaitan menghadang, lalu ia lempar dengan tujuh buah kerikil. Kemudian ia melanjutkan perjalanan hingga syaitan menghadang di Jumratul Wustha, ia lempar syaitan itu dengan tujuh buah kerikilโ€. (Shahih Tafsir Ibnu Katsir jilid 7, 2013).

Sebenarnya penyembelihan qurban atas nama Allah disyariatkan pada umat-umat sebelumnya. Allah Swt berfirman :

ูˆูŽู„ููƒูู„ู'ู ุฃูู…ู'ูŽุฉู ุฌูŽุนูŽู„ู'ู†ูŽุง ู…ูŽู†ู'ุณูŽูƒู‹ุง ู„ููŠูŽุฐู'ูƒูุฑููˆุง ุงุณู'ู…ูŽ ุงู„ู„ู'ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ูŽู‡ูู…ู' ู…ูู†ู' ุจูŽู‡ููŠู…ูŽุฉู ุงู„ู'ุฃูŽู†ู'ุนูŽุงู…ู ููŽุฅูู„ูŽู‡ููƒูู…ู' ุฅูู„ูŽู‡ูŒ ูˆูŽุงุญูุฏูŒ ููŽู„ูŽู‡ู ุฃูŽุณู'ู„ูู…ููˆุง ูˆูŽุจูŽุดู'ูุฑู ุงู„ู'ู…ูุฎู'ุจูุชููŠู†ูŽ (34) ุงู„ุญุฌ

โ€œDan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)โ€.

Rasulullah SAW melaksanakan qurban pada saat melaksanakan haji Wadaโ€™di Mina. Beliau berqurban 100 ekor unta, 70 ekor disembelih dengan tangannya sendiri dan 30 ekor disembelih oleh Ali bin Abi Thalib. Ibadah qurban Nabi SAW ini difirmankan Allah dalam surat Al-Hajj ayat 36 yang artinya :

โ€œDan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukurโ€. (hen)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pemko Pekanbaru Potong 10 Hewan Kurban
Danrem 031 Wirabima: Pelihara Selalu Semangat Berkurban
Hari Raya Idul Adha, Kodim 0302 Inhu Sembelih 5 Ekor Sapi
SMK Negeri 2 Pekanbaru Sembelih 4 Hewan Qurban
Hadiri Penyembelihan Hewan Qurban di Teluk Kiambang, Bupati Apresiasi Panitia Qurban

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad