Home  / Religi
Delapan Jamaah Indonesia Wafat di Arafah
Jumat, 1 September 2017 | 09:57:49
Mast Irham/EPA
Jamaah haji berdoa sebelum tiba waktunya berangkat menuju Muzdalifah dari Padang Arafah usai berwukuf, Kamis (31/8) waktu setempat.
MAKKAH - Sebanyak delapan jamaah haji Indonesia wafat di Padang Arafah. Sebanyak empat jamaah wafat pada Rabu (30/8) dan sisanya meninggal hari ini, Kamis (31/8).

Penanggung Jawab Klinik Kesehatan Hai Indonesia (KKHI) Arafah Etik Retno Widayanti mengatakan jamaah wafat karena penyakit penyerta sejak di Tanah Air. Penyakit tersebut kambuh karena dipicu kelelahan dan cuaca panas.

"Ada karena penyakit jantung dan paru-paru yang kambuh dna diperberat dengan aktivitas fisik," katanya saat ditemui di KKHI Arafah, Kamis (31/8).

Etik mengatakan sejak beroperasi pada Rabu (30/8) pukul 07.00 hingga Kamis (31/8) sore, KKHI Arafah merawat 300 pasien. Sebagian besar jamaah dirawat karena dehidrasi. Menurutnya, faktor cuaca yang panas, kemudian aktivitas yang tinggi memicu penyakit yang sudah diderita jamaah. 

"Jamaah yang sehat juga bisa dehidrasi dan kelelahan karena aktivitas yang tinggi dan kurang minum," ujarnya. 

Dokter umum KKHI Arafah Wahyuni Dibyo mengatakan jamaah mulai membanjiri KKHI pada Kamis pukul 10.00. Dia mengatakan jamaah khsyuk beribadah sehingga lupa minum dan malas makan. Dehidrasi bisa berujung pada serangan panas. 

Pantauan Republika di KKHI Arafah, sebagian besar pasien yang dirawat adalah jamaah berusia lanjut. Kaki dan tubuh mereka dibungkus dengan cold pad yang telah direndam dengan es. Belasan pasien diinfus dan sebagian dibantu dengan oksigen.(Ihram)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Miliki 11 Paket Kecil Sabu, Pemuda Simpang Benar Dicokok Polisi
Kirim Sanggahan ke Bupati, Anggota DPRD Bengkalis Ini Tolak PAW
Belum Beraksi, Pencuri Ini Keburu Tewas di Sumur Rumah Korban
Maling di Duri Cabuli Korbannya Diringkus Polisi
Kapuspen TNI: Tidak Benar Panglima TNI Menyetujui Oknum Militer Diadili Di Peradilan Umum

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad