Home  / Religi
Kain Kiswah Ka’bah Digulung ke Atas
Rabu, 9 Agustus 2017 | 08:12:04
saudigazette.com
Kiswah Ka’bah mulai Selasa kemarin (8/9) disingkap ke atas. Pihak pengelola Masjidil Haram menyatakan kain kiswah disingkap untuk menghindari aksi perusakan kiswah.
MAKKAH - Bagian bawah kain penutup Ka’bah (Kiswah) mulai Selasa kemarin (8/9) digulung naik ke atas sekitar tiga meter. Bagian yang diangkat ditutupi dengan kain katun putih sekitar dua meter di keempat sisinya.

Pihak Kepresidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci menyatakan mengambil tindakan ini sebagai prosedur tahunan untuk memastikan bahwa kiswah Ka’bah terlindung dari kerusakan oleh orang-orang yang melakukan tawaf selama musim haji.

Direktur Jenderal Komplek King Abdulaziz untuk pengurusan  Kiswah Ka’bah, Muhammad Bajouda mengatakan bahwa penarikan kain kiswah tersebut memang merupakan  bagian dari rencana layanan kepada para peziarah haji tahun ini. 

"Langkah ini adalah tindakan pencegahan untuk mencegah penyalahgunaan. Ada sejumlah besar peziarah yang ingin menyentuh kiswah Ka’bah, yang memperlihatkan kerusakan pada beberapa bagian kiswah, "katanya.

Dia menambahkan bahwa beberapa peziarah memotong beberapa bagian kiswa untuk menggunakannya sebagai maskot hingga tujuan "takhayul murni." yang lain. 

"Kain Kiswah akan kembali ke posisi normalnya begitu musim haji berakhir," katanya.

Dari data yang dikumpulkan Ihram.co.id menunjukan beberapa kasus mengenai perusakan kain Ka’bah oleh jamaah umrah dan haji. Kasus terakhir malah ada seorang perempuan peziarah umrah menggunting kain kiswah di bagian bawah. 

Ketika diinterogasi oleh petugas keamanan  Masjidiil Haram, pelaku perusakan itu mengaku sengaja melakukannya untuk kenang-kenangnya (suvenir). Namun di kasus yang lain, pemotongan kain Ka’bah itu bertujuan untuk mencari jimat yang kemudian bisa diperjualbelikan. (Ihram)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Aplikasi Haji Pintar 2018 Sudah Tersedia untuk Diunduh
Tips Haji: Kiat Pencegahan dari Sengatan Panas Selama di Tanah Suci
Panglima TNI: Kemanunggalan TNI dan Rakyat Konsekuensi Logis Dalam Menjaga NKRI
Sebanyak 1371 Jamaah Calon Haji Riau Dan Kepri 2018 Adalah Nasabah BRK
TNI Polri Di Kepenuhan Sholat Subuh Berjamaah

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad