Home  / Puspen TNI
Tingkatkan Semangat Pengawasan Laut, Kepala Bakamla RI Tatap Muka Personel Daerah
Jumat, 12 Januari 2018 | 18:19:57
puspen tni
JAKARTA, riaueditor.com - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. mendorong semangat para personel daerah untuk mewujudkan cita-cita membangun pengawasan laut. Pada kesempatan tatap muka tersebut, satu persatu para personel daerah bersalaman dengan pimpinan tertinggi Bakamla RI, di Hotel All Season, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ada hal khusus yang disampaikan Laksdya Ari,  merujuk pada tugas personel di Zona Kamla, SPKKL dan dermaga. Kepala Bakamla RI berharap para personel dapat memfungsikan, menjaga dan merawat sarana monitoring dan surveillance di masing-masing stasiun dan dermaga yang diawakinya, sehingga Barang Milik Negara (BMN) khususnya yang berbasis teknologi tersebut dapat bermanfaat sesuai maksud keberadaannya. Hal ini mengingat tidak sedikit anggaran yang dibutuhkan untuk alat-alat tersebut, katanya pula.

Momen khusus itu berlangsung dalam acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Optimalisasi Sistem Integrator Bakamla Integrated Information System (BIIS) Guna membangun sinergitas. Sebelumnya Laksdya Ari pada sesi pembukaan juga mengatakan, meskipun Bakamla RI baru berusia tiga tahun, namun semangat yang diusungnya sudah berusia 45 tahun ke belakang. Saat ini teknologi bukan barang mewah lagi, apalagi untuk mendukung tugas Bakamla RI dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan pelestarian laut.

Lebih lanjut dikatakannya, Bakamla RI terus menggali cara agar punya kemandirian dalam pengawasan berbasis teknologi yang bisa menyatukan tugas patroli dengan teknologi pengawasan. Harapannya agar bisa memanfaatkan kemampuan kita sendiri, melalui karya anak bangsa yang tidak berbasis asing untuk mengawasi dan menjaga laut Indonesia.

Untuk mewujudkannya, Bakamla RI menggandeng Telkom Indonesia. Turut hadir pada acara pembukaan yaitu Executive Vice Presiden Divisi Government Service Telkom Mohammad Salsabil yang mengamini apa yang telah disampaikan Kepala Bakamla RI.

Salsabil mengatakan Telkom turut serta bersama Bakamla RI membangun cita-cita pengawasan, patroli, dan sinergi melalui infrastruktur sistem informasi yang dimilikinya. Dikatakannya pula bahwa Telkom bersama unsur-unsur pemerintah menjalankan tugas dalam hal dukungan terkait permasalahan IT dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya. 

Telkom telah mengimplementasikan IT diberbagai institusi, dan terkait Bakamla RI fungsi IT ini sangat penting untuk memudahkan pengelolaan laut, katanya.

Hadir sebagai nara sumber dalam acara FGD antara lain Direktur Data dan Informasi Laksma TNI Isbandi Andrianto, S.E., M.M., Direktur Operasi Laut Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr(Han) diwakili Kasubdit Reneval Opsudmar Letkol Laut (P) Asep Budiman, Kepala KPIML Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko, S.E., dan Kasie Pemantauan Data dan Jaringan Satelit Tuti Ida Halida, S.T., M.I.T.M.(puspentni)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Manfaat Sasi Laut bagi Alam dan Masyarakat
Tim URCL Bakamla RI Bersama Japan Coast Guard Siap Berantas Tindak Kejahatan Di Laut
Bakamla RI-Telkom Tandatangani Kerjasama Sistem Komunikasi Kabel Laut
Semangat di Dalam Semangat Personel Bakamla
Kabakamla: Bakamla Libatkan Unsur Operasi Instansi Penegak Hukum di Laut

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad