Home  / Puspen TNI
Disdukpencapil Rekam e-KTP Di Pasar Kembang, Bupati Wardan Apresiasi Upaya Jemput Bola
Jumat, 12 Januari 2018 | 22:17:52
afs/rec
Suasana Perekaman e-KTP di salah satu Kecamatan di Inhil.
TEMBILAHAN, riaueditor.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Inhil melakukan perekaman e-KTP di Desa Pasar Kembang, Keritang. Atas langkah tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan mengapresiasi upaya jemput bola pelayanan kebutuhan administrasi kependudukan (Adminduk).

Apresiasi yang diberikan Bupati Inhil, HM Wardan adalah karena Disdukcapil selaku leading sector adminduk, telah menerapkan sistem Jemput Bola dengan mendatangi dan melakukan perekaman langsung di lokasi tempat tinggal masyarakat bersangkutan.

"Tanpa menunggu lama, Disdukpencapil mendatangi masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP dan administrasi kependudukan lainnya, seperti KK, Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Ini suatu langlah yang ditunggu-tunggu," pungkas bupati, Jumat (12/1/2018) sore.

Disdukpencapil, dikatakan bupati, seyogyanya mampu memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan seluruh masyarakat Inhil. Persentase maksimal, lanjutnya, harus dapat dicapai. Terlebih, Kabupaten Inhil sebentar lagi akan menyambut datangnya kontestasi politik, Pilkada serentak di bulan Juni mendatang.

"Kalau sudah terakomodir kebutuhan, seperti e-KTP. Maka akan sedikit mengurangi potensi adanya sengketa politik yang terjadi di Pilkada serentak karena masalah sinkronisasi data pemilih," tukas bupati.

Selain itu, bupati mengatakan, perekaman e-KTP dan pembuatan Akta Kelahiran sangat berguna bagi masyarakat untuk melakukan segala urusan, seperti masuk sekolah, akses pelayanan kesehatan dan lain sebagainya.

"Maka itu, kepada masyarakat diharapkan juga harus menyadari pentingnya administrasi kependudukan. Untuk mengurus itu, bukanlah suatu hal yang sulit. Namun, manfaatnya akan dirasakan kelak," imbau bupati.

Gerakan Sadar Adminduk

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ahmad Ramani menyebut, langkah jemput bola perekaman e-KTP dan pembuatan Akta Kelahiran serta Akta Kematian yang dilakukan juga merupakan wujud realisasi program Dirjen Disdukpencapil, Kementerian Dalam Negeri, yakni "Gerakan Sadar Adminduk".

"Gerakan Sadar Adminduk dilaksanakan di berbagai tingkatakan daerah, mulai dari desa, kelurahan, kecamatan sampai Provinsi. Yang kami lakukan, merupakan bagian dari program Pemerintah Pusat, Gerakan Desa Sadar Adminduk," urai Ahmad Ramani.

Di Desa Pasar Kembang, Keritang, Ahmad Ramani mengaku, antusiasme masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP dan pembuatan administrasi kependudukan lainnya begitu tinggi.

"Antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Masyarakat berbondong-bondong mendatangi lokasi perekaman. Dari pagi sampai malam mereka terus berdatangan, ada yang merekam e-KTP, ada juga yang mengurus Akta Kelahiran," ungkap Ahmad Ramani.

Ahmad Ramani, mengatakan, langkah Jemput Bola yang menjadi bagian dari program "Gerakan Sadar Adminduk" akan terus dilakukan secara berkesinambungan oleh Disdukpencapil Kabupaten Inhil.

"Target maksimal pemenuhan kebutuhan administrasi kependudukan harus mampu dicapai. Kita akan melanjutkan ke desa desa lainnya karena manfaat dari adminduk sangat besar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat," tandas Ahmad Ramani.(Advertorial)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Nama-Nama Lain yang Muncul Lagi dalam Vonis Setya Novanto
Setya Novanto Divonis 15 Tahun Penjara Lebih Ringan dari Tuntutan
623.095 Warga Pekanbaru Sudah Rekam e-KTP
Di Persidangan Bimanesh, Perawat RS Medika Bantah Setnov Benjol ‘Segede Bakpao’
Ini Nama-Nama Penerima Aliran Dana E-KTP yang Terungkap di Sidang Tuntutan Setya Novanto

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad