Home  / Politik
Ketua MPR Lantik Mafirion Anggota MPR RI Asal Riau
Selasa, 10 April 2018 | 17:57:20
ist.
Mafirion Syamsudin dilatik sebagai anggota MPR RI menggantikan Lukman Edy yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Riau.
JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan melantik 10 anggota MPR Pengganti Antar Waktu (PAW) di ruang delegasi Plaza Gedung Nusantara V Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (10/4/2018). Diantara 10 nama tersebut, terselip satu nama anggota MPR dari daerah pemilihan Riau Mafirion Syamsudin menggantikan Lukman Edy yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Serentak di Riau.
 
Berdasarkan Keppres No.42/P Tahun 2018, 45/P Tahun 2018, 46/P tahun 2018, 47/P Tahun 2018, 50/P Tahun 2018 tanggal 14 Maret 2018 dan Nomor 57/P Tahun 2018 tanggal 16 Maret 2018, telah diresmikan pengangkatan 10 anggota MPR sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Zulkifli Hasan mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada anggota MPR PAW yang baru saja mengucapkan sumpah. “Saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di MPR,” ujarnya.  

Zulhasan, sapaan Zulkifli Hasan, menambahkan tugas berat telah menanti para anggota MPR PAW yang baru saja dilantik. Terlebih tahun ini memasuki tahun politik. Zulhasan mengharapkan anggota MPR PAW bisa mendorong tugas MPR memperkuat persatuan.

“Tugas berat menanti kita. Apalagi memasuki tahun politik. Kehadiran saudara bisa membantu tugas MPR memperkuat persatuan. Pilihan boleh beda, partai politik boleh beda, tapi Merah Putih kita tetap sama. Selamat datang, selamat bertugas,” kata Zulhasan.

Zulkifli Hasan juga langsung mengajak 10 anggota baru MPR untuk langsung bekerja menyampaikan nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan kepada masyarakat. “Akhir-akhir ini nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan kita mulai menjauh. Muncul semangat golongan dan kelompok,” katanya.
 
Dalam pengucapan sumpahnya, Mafirion berjanji akan memenuhi kewajibannya sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
 
Dalam menjalankan kewajiban sebagai anggota MPR, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan.
 
“Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan pribadi, seseorang dan golongan, “ katanya.
 
Usai dilantik, Mafirion Samsudin mengatakan sebagai anggota MPR RI yang diberi amanat dan mengemban tugas mewakili dan melayani aspirasi rakyat, selama dua minggu terakhir telah  menemui berbagai elemen masyarakat di Riau, sebagaimana tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota MPR untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan.
 
“Selama dua pekan terakhir, saya turun ke Riau setiap Sabtu-Minggu. Semua elemen masyarakt di Riau saya sapa, generasi muda, petani, nelayan, atlit, seniman, pelukis. Jadi saya sudah mulai bekerja menyerap aspirasi masyarakat di Riau,” kata Mafirion.
 
Dua Urung Dilantik

Sebanyak lima dari 10 anggota PAW MPR  yang dilantik oleh Ketua MPR, berasal dari Fraksi PKB.  Kelima nama tersebut adalah Nur Yasin menggantikan Zainal Abidin (cabub Kerinci), Mafirion menggantikan Lukman Edy (cagub Riau), Faisol Riza menggantikan  Abdul Malik Harmain (cabup Probolinggo), Lilis Santika menggantikan Maman Imanulhaq (cabup Majalengka) dan Lukmanul Hakim menggantikan Anna Mu'awanah (cabup Bojonegoro)
 
Sedangkan dari Fraksi Nasdem yang di-PAW dua orang. Jacky Uly menggantikan Viktor Laiskodat Bungtilu (cagub NTT) dan Jafar Shodiq menggantikan Islam Junaidi.
 
Dari Fraksi PKS, Ei Nurul Khotimah menggantikan  Zulkieflimansyah (cagub NTB), Fraksi Hanura Sudiro Asno menggantikan Miryam S Haryani (tersangka KPK) dan Abdul hakam Naja menggantikan Andriyanto Suharsa.
 
Sejatinya akan ada 12 anggota PAW MPR akan dilantik tapi dua anggota FKB yakni Anwar Rachman menggantikan Ida Fauziyah (cawagub Jawa Tengah) dan Aryanto Munawar menggantikan Musa Zainuddin (tersangka KPK) berhalangan hadir. Keduanya urun dilantik karena sedang mengikuti kunker DPR.(rls)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Resmi di Lantik Menjadi Kapolda Riau, Ini Biodata Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo
Gubri Paparkan Kemajuan Riau di Rapat Paripurna Hari Jadi Provinsi Riau Ke-61
2018, Pemprov Riau Bangun 2024 RSLH di 12 Kabupaten Kota
Kamis Upacara Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau, Senin Lusa Apel Ditiadakan
Pemrov Riau Dalami Kepemilikan Saham di Lagoi Resort Kepri

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad