Home  / Politik
12 Kandidat Cawapres Jokowi, Ini Nama-namanya
Minggu, 25 Maret 2018 | 16:30:23
okezone
Kandidat Cawapres Jokowi.
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meluncurkan sebanyak 12 nama Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang dianggap layak untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Nama-nama itu berasal dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh partai politik, profesional hingga pensiunan militer.

Ketua Umum PSI Grace Natalie mengungkapkan, sebanyak 12 nama itu bukan berarti usulan harga mati dari partai PSI yang harus diterima oleh Jokowi maupun peserta partai koalisi lainnya, melainkan hanya sebatas usulan yang diterima atau masukan dari masyarakat dan berbagai tokoh yang selama ini PSI jumpai.

"Kami dapatkan nama-nama ini dari berdasarkan masukan berbagai kalangan, pada dasarnya PSI pasrahkan kepada Bapak Jokowi karena tentu mempunyai pertimbangan sendiri," ungkap Grace di kantornya, Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018).

Grace Natalie melanjutkan, 12 kandidat Cawapres versi PSI itu kemudian akan dipublikasikan ke media sosial untuk diuji atau meminta tanggapan masyarakat. Menurutnya, dari 12 nama itu bisa bertambah atau bahkan berkurang seiring waktu berlalu, tergantung respon masyarakat sejak nama itu publikasikan.

"Ini seluruhnya bentuk usulan kita kepada Bapak Jokowi, diterima atau tidak tergantung Bapak Jokowi, karena ada aspek-aspek lain yang dipertimbangkan. Kami akan meminta tanggapan rakyat Indonesia mana menurut mereka paling cocok, bahkan bisa memungkinkan untuk menambah nama lain," pungkasnya.

Nama-nama itu yakni dari kalangan militer, Luhut Binsar Panjaitan yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), mantan Panglima TNI Moeldoko yang kini menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Dari kalangan Ormas yakni Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj, Ketua Umum GP Anshor NU Yaqut Chalil Qoumas, kemudian mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin. Sedangkan kalangan partai politik hanya Ketum Golkar Airlangga yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Kemudian dari kalangan pengusaha, Chairul Tanjung, Nadiem Makarim yang dikenal sebagai pendiri serta CEO Go-jek, pendiri Lion Air Rusdi Kirana. Kemudian kalangan profesional Mahfud MD dan dua perempuan yakni Sri Mulyani, dan Susi Pudjiastuti yang kini sebagai pembantu Jokowi di Kabinet Kerja.


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Daftar di KPU Riau, Edwin Optimis Terpilih Menjadi Anggota DPD RI
Jokowi-Susi Dideklarasikan Maju di Pilpres 2019
Ini Cawapres Ideal untuk Jokowi di Pilpres 2019
Sindir Prabowo, Masinton: Capres Hanya Jokowi, yang Lain Masih Copras
Politikus PDIP: Puan Cawapres Prioritas dari Internal
Terdapat 1 komentar untuk artikel ini.
Yg cocok wapress
Umur 35 kebawah S3/2 lski atau pr.

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad