Home  / Politik
Dalam Membangun Daerah, Bupati Wardan Ingatkan Kades Senantiasa Libatkan Masyarakat
Sabtu, 25 November 2017 | 19:42:07
Diskominfo Inhil
TEMBILAHAN, riaueditor.com - Seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diingatkan agar selalu melibatkan masyarakat dalam menentukan kebijakan, dalam upaya membangun dan memajukan daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya usai melantik Kades Concong Dalam dan Kades Sungai Berapit Kecamatan Concong masa jabatan 2017-2023, yang dipusatkan di Lapangan Olahraga Desa Concong Dalam, Jumat (24/11/17) belum lama ini. 

Kegiatan yang disejalankan dengan pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU) dan pengurus Ranting Muslimat NU se-kecamatan Concong periode 2017-2022 ini, turut dihadiri Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Inhil, Hj Zulaikhah, sejumlah Pejabat Eselon, Camat dan Unsur Forkopimcam, Kades dan Lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Dikatakan Bupati Wardan, pelantikan tersebut adalah implementasi dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

"Sumpah dan janji yang diikrarkan harus dipertanggungjawabkan kepada yang memberi kewenangan dan yang memberi amanah, yaitu pemerintah dan masyarakat yang mempercayakan telah memilih saudara memimpin desa," tutur Bupati Wardan.

Selanjutnya, dalam melaksanakan tanggung jawab di lapangan, seluruh Kades diharapkan dapat memahami tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), dengan mempedomani aturan-aturan yang ada, seperti Undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan menteri dan sebagainya.

"Ajak masyarakat untuk bersama-sama menentukan kebijakan, demi membawa desa kita ke arah yang lebih baik," pesan Bupati Wardan.

Sementara Ketua PC Muslimah NU Inhil, Hj Zulaikhah usai melantik pengurus Muslimat NU se-Kecamatan Concong berharap agar seluruh pengurus yang telah dilantik dapat melaksanakan tugasnya terutama dalam membantu pemerintah untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Inhil.

"Tugas Muslimat NU yang paling penting adalah memberikan pembinaan kepada keluarga dan masyarakat. Kita mulai pembinaan dari keluarga kita dulu, barulah kita bina masyarakat," ujar ibu 3 anak yang akrab disapa Ikha ini.

Selain itu, Ikha berpesan kepada pengurus yang baru dilantik, untuk mempelajari, memahami, serta menjabarkan isi buku pedoman organisasi Muslimat NU.

"Setelah itu buat program, kemudian selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan juga PC Muslimat NU Inhil," tambahnya.

Sedangkan Camat Concong, Antoni mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Inhil, karena sejak adanya program unggulan Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ), pembangunan infrastruktur antar desa dapat terealisasi dengan baik.

"Tahun 2017 dana DMIJ sudah selesai 85 persen. Berkat dana tersebut telah banyak pembangunan jalan penghubung antar desa dapat dilakukan. Atas program Pemkab Inhil juga semua desa di Concong ini akan dialiri listrik. Mudah-mudahan ditahun 2018 lampu dapat hidup siang dan malam," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Kades lama dan kartu polis asuransi untuk nelayan, serta penandatanganan deklarasi laskar anti narkoba Muslimat NU Kecamatan Concong.(Adv/hms/pemkab)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bupati Inhil Lantik 8 Kepala Desa di Kecamatan Pulau Burung
DPD SBSI 1992 Riau Segera Lantik Pengurus DPC Kabupaten/ Kota Se Riau
73 Pejabat Kampar Dilantik
Jelang Pilkades Serentak, Polsek Rengat Barat Gelar Operasi Cipkon
Lantik Kades Perigi Raja dan Kades Tanjung Melayu, Ini Pesan Bupati Wardan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad