Home  / Politik
KPUD Lantik 70 Anggota PPK Kabupaten Siak
Jumat, 10 November 2017 | 19:31:08
Diskominfo Siak
Sebanyak 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Siak, Kamis 09 Novemver 2017, secara resmi dilantik di Gedung Tengku Mahratu Kabupaten Siak, Riau.
SIAK, riaueditor.com - Sebanyak 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Siak, Kamis 09 Novemver 2017, secara resmi dilantik di Gedung Tengku Mahratu Kabupaten Siak, Riau.

Tujuh puluh orang itu, berasal dari 14 kecamatan di Kabupaten Siak, yang nantinya ditempatkan masing-masing lima orang per kecamatan.

Ketua KPU Siak Agus Salim mengatakan, pelantikan para PPK ini bukan sekadar seremonial belaka, melainkan ada makna dan tanggungjawab yang harus diemban oleh masing-masing PPK.

"Perkenalkan diri kalian dengan Camat ditempat masing-masing, dan segera bersinergi dengan pemerintah kecamatan," ujarnya.

Menurutnya, penyelenggaraan Pilgubri 2018 nantinya bisa terlaksana dengan sukses, baik dari segi penyelenggaraan dan meningkatnya jumlah partisipasi dari masyarakat terhadap hak pilih.

"Pelantikan kali ini sudah sesuai kuota dan terpenuhi. Sebelumnya ada 200 orang yang mendaftar, namun setelah proses seleksi, akhirnya tinggal 70 orang yang terpilih," ujar Agus Salim.

Kata Agus Salim, anggota PPK untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik. Hal ini dikarenakan, jika tidak dilaksanakan dengan baik, maka terjadi berbagai pelanggaran dalam pelaksanaan pemilihan.

Terlebih Pemilu sendiri, merupakan pilar dalam kehidupan demokrasi, yang merupakan akumulasi dari kehendak rakyat untuk memilih pemimpinnya. Dengan demikian peran dan fungsi PPK sangat menentukan.

Pada kesempatan itu, Sekretaris KPU Riau Rudinal turut menyampaikan bahwa minat untuk menjadi PPK ini cukup meningkat. Karena PPK ini adalah keluarga dari KPU. Untuk itu dia mengajak anggota PPK memberikan kerja yang terbaik, pelayanan yang terbaik, dan terintegritas.

Dia juga menyebutka pada bulan Januari mendatang akan dimulai pendaftaran calon Gubri dan penetapan pasangan serta kampanye dari pasangan calon.

"Kalau tidak ada halangan, tanggal 27 Juni 2018 di laksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau," sebut Rudinal.

Sementara itu, Wakil Bupati Siak Alfedri mengatakan, bahwa tahun depan propinsi Riau, akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Wakil Gubernur yang menjadi tugas bagi semua anggota dan seluruh warga Siak untuk dapat mensukseskannya.

"Kami ucapkan selamat bertugas sebagai anggota PPK, semoga bisa menjalankan   tugas berat dan amanah dengan baik," ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, anggota PPK harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan Pilgub yang akan datang, sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan berkualitas.

Alfedri juga menyebutkan tugas pokok dan fungsi PPK sangat strategis, artinya penyelenggaraan Pilgub mulai tahap perencanaan sampai dengan evaluasi.

Dimana keberadaan PPK sangat menentukan, mengingat PPK merupakan perpanjangan tangan dari KPU dan akan melaksanakan kebijakan-kebijakan organisasi di tingkat Kecamatan.

"Saya harus menaruh harapan kepada saudara-saudara anggota PPK yang baru dilantik, agar segera melakukan koordinasi internal dan secara vertikal, maupun horizontal. Agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur di Kabupaten Siak dapat terlaksana dengan baik," kata Alfedri.

Pelantikan 70 orang PPK itu berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Siak Nomor 21 Tahun 2017 pada 4 November 2017, yang menetapkan sebanyak 70 orang sebagai anggota panitia pemilihan kecamatan dengan masa kerja selama 9 bulan, dari mulai dilantik hingga bulan Juli tahun 2018. (man) 

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pengurus Perbakin Riau Dilantik, Bupati Bengkalis Ucapkan Tahniah
Bupati Rohil Apresiasi Kinerja KPUD Rohil
Serentak, KPUD Rohil Lantik 628 PPK dan PPS
Sekda Rohil Lantik 44 Pejabat Eselon III dan IV
Maksimalkan Program Siak Sehat, Baznas Gandeng Dinas Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad