Home  / Politik
Hari Keempat Pendaftaran Peserta Pemilu, KPU: Baru 30 Parpol yang Sudah Mengisi Sipol
Jumat, 6 Oktober 2017 | 15:32:53
(Foto: Fadel/Okezone)
Komisioner KPU Viryan Aziz
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz mengatakan, dari 73 parpol yang terdaftar di Kemenkumham, baru 30 partai yang sudah mengisi data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Padahal, pihaknya sudah membuka pendaftaran sejak Selasa, 3 Oktober 2017.

Viryan menuturkan, 30 parpol itu terdiri dari 23 partai nasional, dan sisanya tujuh partai merupakan parpol lokal yang berdomisili di Provinsi Aceh. Berdasarkan pemantauan KPU, lanjut dia, hanya 30 partai tersebut yang secara intens melakukan pengisian dokumen di Sipol.

"Sampai hari ini dari 73 partai yang terdaftar di Kemenkumham sudah 30 partai yang menginput. 23 partai nasional, tujuh partai lokal di Aceh," kata Viryan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (6/10/2017).

Ia menerangkan, bila data yang di-entry telah selesai, maka parpol yang akan mendaftar diwajibkan mencetak formulir yang terdapat di dalam Sipol tersebut. "Apabila sudah selesai diinput baru nanti bisa di-printout dari Sipol. Dengan demikian ini prosesnya jelas, transparan, kami bisa mengetahui, partai bisa mengetahui," ucapnya.

Seperti diketahui, ada empat jenis formulir yang harus di-print partai politik setelah mengisi dokumen di Sipol, yaitu F1, F2, F3 dan F4. Formulir F1 berisi surat pernyataan memiliki kepengurusan Parpol, yang terdiri daftar susunan pengurus dan alamat kantor tetap partai politik.

Lalu, formulir F2, surat pernyataan berupa bukti sah mempunyai anggota parpol. Formulir F3 surat penyertaan keterwakilan perempuan dan formulir F4 surat keterangan domisili, kantor tetap kepengurusan Parpol.

Lebih lanjut Viryan mengatakan, pihaknya sudah mensosialisasikan perihal pengisian dokumen di Sipol sejak enam bulan yang lalu. Bahkan, KPU pun sudah memberikan pelatihan kepada kader parpol yang ditunjuk menjadi operator pengisian Sipol.

"Sebenarnya kita sudah mensosialisasikan sejak enam bulan yang lalu. Kemudian kita juga sudah memberikan pelatihan kepada operator Sipol parpol," tuturnya.

KPU, lanjut dia, maklum bila masih banyak parpol yang belum menyelesaikan pengisian formulir di Sipol. Sebab, data yang mesti diisi terbilang tak sedikit, sehingga membutuhkan waktu untuk melengkapinya.

"Namun, mungkin yang kita perhatikan memang tidak mudah dan cepat menginput, karena datanya besar," ujarnya. 


(ran/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Golkar Urutan ke 10, Mendaftar ke KPU Pekanbaru
DPC Partai Hanura Serahkan Berkas Pendaftaran ke KPU Bengkalis
Menjadi Calon Peserta Pemilu 2019, Golkar Kampar Mendaftar Ke KPU
Demokrat Tak Menampik Koalisi Prabowo-AHY Bisa Terjadi di Pilpres 2019
Koalisi 3 Partai Ini Seimbangkan Partai Koalisi Pemerintah

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad