Home  / Peristiwa
Pasar Tradisional China Siak Terbakar, 40 Ruko Jadi abu
Sabtu, 17 Februari 2018 | 12:30:55
adi/riaueditor.com
H Syamsuar saat meninjau warga tionghoa yang dilanda musibah kebakaran, di lokasi kejadian, Minggu (17/2/) pagi.
SIAK, riaueditor.com - Sedikitnya 40 unit rumah toko (Ruko) milik warga Tionghoa yang berada di jalan Sultan Syarif Kasim Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Siak kabupaten Siak, provinsi Riau, Sabtu malam (17/2/2018) sekira pukul 2.45 00 Wib dini hari ludes dilalap sijago merah.

Peristiwa ini terjadi disaat warga Tiong Hoa Siak tengah merayakan tahun baru Imlek, musibah ini membuat duka sejumlah warga Tionghoa yang sedang merayakan Imlek di Siak, tidak sedikit warga Tionghoa ini meneteskan air mata.

Informasi yang berhasil dirangkum media ini, di lokasi kebakaran dalam waktu 3 jam lebih, sijago merah meluluh lantakkan puluhan rumah toko pasar tradisional milik warga Tionghoa tersebut.

Tak hanya itu, angin kencang ditambah bangunan yang terbuat dari kayu, dalam sekejap api menghanguskan dan meluluh lantakkan ruko tersebut.

Warga yang terlelap tidur saat itu dikejutkan dengan kobaran api yang semakin membesar, beruntung para penghuni rumah dengan sigap bisa cepat keluar dari rumahnya. Tidak banyak barang dagangan yang dapat mereka selamatkan, para pemilik ruko lebih membiarkan rukonya terkunci, dan tidak sedikit pula mereka menjadi stres dan terlihat bingung, kendati saat itu Mobil Pemadam sudah berusaha secara maksimal untuk memadamkan api, namun dikarenakan bahan bangunannya banyak terbuat dari material kayu, api dengan mudah menghanguskan ruko-ruko tersebut.        

Sementara, informasi yang berhasil dirangkum riaueditor.com di lapangan melalui Babinsa Kecamatan Siak, Serka Arifin mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi, data sementara sedikitnya ada 40 ruko milik warga Tionghoa yang terbakar, kebakaran terjadi sekitar pukul 2.45 00 Wib. 

"Sari mana sumber api belum bisa dipastikan, apakah dari hubungan arus pendek atau ada penyebab lainnya," jelasnya.

Menurut Serka Arifin, api pertama kali terlihat berada di salah satu ruko yang terletak di simpang empat jalan bahagia, "Saat kebakaran terjadi kami sudah berada di tempat kejadian," sebutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Babinsa Kecamatan Mempura Sertu Joni, dia menjelaskan yang mengerahkan 4 personilnya membantu memadamkan api. 

Sementara di lapangan terlihat petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Siak menurunkan 40 personil, dari Polsek Siak 30 personil, Satpol PP 20 personil, Manggala Agni 6 personil, dari  PT Tirta Utama 4 personil, dari PT RML 7 personil, PT BSP  8 personil, ditambah dari Pertamina Lirik. Sementara untuk  Peralatan Damkar diantaranya 3 unit portable, 1 mesin Kohatsu RML dari Kecamatan Siak, 1 unit max tree dari Manggala Agni, 1 unit Damkar PT Kimia Tirta utama 1-unit tangki air dari Dinas PU Siak, 3 unit dari PT BSP, dari Pertamina Hulu 2 unit, ditambah Damkar dari Pertamina lirik 1 unit," sebutnya.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 7.00 Wib pagi. Berapa kerugian bisa ditaksir, tidak ada korban jiwa, hanya saja ada salah seorang masyarakat yang terluka, dan sudah dilarikan ke  rumah sakit guna mendapatkan perawatan. 

Syamsuar Tinjau Para Korban

Sementara itu Calon Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi yang sedang cuti sebagai Bupati Siak, Sabtu pagi (17-02-2018) sekira Pukul 8.30 Wib langsung turun dan meninjau lokasi kebakaran. 

Syamsuar minta kepada tokoh masyarakat Tionghoa, seperti RT dan RW agar dapat melakukan pendataan terhadap mereka yang mengalami musibah kebakaran. "Data semua warga yang terkena musibah kebakaran ini, karena kita punya tempat bida menampung sementara para korban di dekat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak," pinta Syamsuar. 

Syamsuar juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah yang terjadi, dan berharap kepada korban senantiasa tabah dan bersabar atas cobaan ini.

Pada kesempatan tersebut Syamsuar juga mengintruksikan kepada Dinas terkait agar menyiapkan tempat pengungsian dan membantu mereka yang tertimpa musibah secepatnya," tutupnya. (adi)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ketua DPR Kecam Adanya ‘Perdagangan’ 16 WNI ke China Bermodus Pernikahan
Jonatan Christie Tumbang di Tangan Ka Long Angus
13 Team Balap Sepeda Akan Bertarung di Even Tour de Siak 2018
KM Fungka Terbakar, Korban Tewas Bertambah Jadi 10 Orang
Polemik Kain Ihram Buatan China, Begini Kata Kemenag

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad