Home  / Peristiwa
Dinilai Tak Pro Rakyat, BEM se Riau Gelar Aksi Demo
Kamis, 12 Januari 2017 | 15:05:38
fin/riaueditor.com
Suasana saat BEM se Riau membacakan pernyataan sikap di hadapan lima anggota DPRD Riau yang menerima mereka di ruang Medium Lantai I Gedung DPRD Riau, Kamis (12/01/2017).
PEKANBARU, riaueditor.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se- Riau melakukan aksi demo di Gedung DPRD Riau, Kamis (12/1/2017). Aksi ini merupakan akumulasi kekecewaan atas sikap pemerintah Joko Widodo - Yusuf Kalla yang dinilai tidak pro rakyat.

"Bukannya sejahtera tapi malah semakin sengsara. Kemana pemimpin yang katanya pro rakyat. Masyarakat Indonesia sudah bosan dengan segala pencitraan yang dilakukan p[emerimntah Jokowi. Blusukan hanya sebagai kedok tidak lagi melihat kesejahteraan rakyat", teriak Koordinator Umum Andika Rokan sebelum membacakan pernyataan sikap di hadapan 5 anggota DPRD yang menerima mereka di ruang Medium Lantai I Gedung DPRD Riau.

Andika yang didampingi Koordinator Lapangan Ari Juprika dalam pernyataan sikapnya kemudian membacakan 5 tuntutan. Pertama, menolak dengan tegas pemerintah Jokowi yang tiidak pro rakyat. Kedua, menolak dengan tegas dan memndesak pemerintah untuk mencabut PP No 60 tahun 2016. Ketiga, menolak dengan tegas pencabutan subsidi listrik 900VA yang mencekik rakyat Indonesia. Keempat, meminta pemerintah untuk segera menstabilkan keadaan perekonomian negara di segala line. Kelima, meminta dengan tegas kepada pemerintah Jokowi JK untuk amanah dab tidak saling lempar tanggungjawab.

Usai membacakan pernyataan sikap, Andika mendesak anggota dewan agar turut menandatangani tuntutan mereka sebagai bukti dukungan, untuk kemudian segera disampaikan ke pemerintah pusat via faximile. 

Menyikapi hal itu, anggota DPRD Riau Sunaryo yang didampingi empat anggota dewan lainnya, diantaranya, Manahara Manurung, H Mansyur, Marwan Yohanes dan Ade Hartati, meminta mahasiswa agar tandatangan terlebih dahulu.

"Bagaimana kami mau tandatangan, anda-anda sendiri belum tandatangan", ucap Sunaryo mempertanyakan.

Sesaat kemudian, Ari Juprika dan Andika Rokan langsung menandatangani pernyataan sikap. Selanjutnya kedua elit BEM se Riau ini mendatangi meja Sunaryo bersama empat anggota dewan lainnya untuk turut ditandatangani.

Di depan ratusan mahasiswa Sunaryo mengatakan, dewan mengapresiasi perjuangan para mahasiswa yang masih idealis dan kritis terhadap kebijakan pemerintah. Dewan sepakat perjuangan ini untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Kami memberikan apresiasi dan siap untuk mendukung serta meneruskan tuntutan ini ke saluran lebih tinggi yakni DPR RI dan pemerintah," ujar Sunaryo.

Dukungan senada juga disampaikan Marwan Yohanes dan Mansur HS. Kedua politisi ini mengatakan perjuangan mahasiswa adalah reaksi dari kondisi bangsa saat ini. Di mana rakyat tersakiti atas kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat.

"Ingatkan hari ini saudara-saudara kawan mahasiswa yang masih tertidur, untuk bangkit berjuang membela kepentingan rakyat dan bangsa ini," ujar Mansur.

Usai menyampaikan aspirasi, para mahasiswa ini pun memabubarkan diri secara tertib. Sementara dari sisi pengamanan, ratusan personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan tampak bersiaga di sejumlah lokasi, termasuk di beberapa ruangan Gedung DPRD Riau. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Keberadaan Alfamart dan Indomaret Dinilai Menghambat Ekonomi Rakyat
Kasum TNI: Sudah Saatnya Indonesia Kelola Laut Untuk Kemakmuran Rakyat
Danramil 09/Lgm Sampaikan Materi Bela Negara Di Kampus AKNP Pangkalan Kerinci
Danramil 03/Tempuling Beri Pembekalan Bela Negara Dan Cinta Tanah Air Kepada Pramuka Penggalang
Belajar di Alam Terbuka Tambah Semangat Siswa Raih Prestasi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU