Home  / Penrem 031 WB
Babinsa Kodim Inhu Bantu Warga yang Terdampak Banjir
Rabu, 14 November 2018 | 16:01:25
penrem031/wirabima
Babinsa Pasir Batu Mandi dan Desa Pasir Selabau Kecamatan Sei Lala Serda S Halil membantu warga saat akan menyeberang (melintas) di jalan desa yang tergenang banjir hingga kedalaman 90 centimeter.
SEI LALA, riaueditor.com - Rabu (14/11/2018), Akibat curah hujan yang turun dalam beberapa pekan terakhir ini membuat sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Inhu terendam. Bahkan, debit air semakin lama semakin tinggi hingga merendam pemukiman penduduk dan juga persawahan milik warga.

Dari data yang berhasil dirangkum Kodim 0302/Inhu sebanyak 11 kecamatan di Kabupaten Inhu terdampak banjir. Dari 11 kecamatan itu 3 kecamatan yang debit airnya semakin naik, yakni Kecamatan Peranap, Kecamatan Batang Peranap dan Kecamatan Sei Lala.

Untuk Kecamatan Peranap sebanyak 8 desa yang kebanjiran dan di Kecamatan Batang Peranap sebanyak 5 desa serta di Kecamatan Sei Lala sebanyak 6 desa. Berikut ini 8 desa di Kecamatan Peranap yang terpapar banjir, yakni Desa Batu Rijal sebanyak 150 rumah dan 40 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 40 centimeter, Desa Pauh Ranap 200 rumah dengan ketinggian air 80 centimeter, Desa Setako Raya 197 rumah dan 40 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 60 centimeter.

Selanjutnya Desa Semelinang Tebing 146 rumah dan sawah/ladang 45 hektar dengan ketinggian air 90 centimeter, Desa Katipo Pura 35 rumah dan sawah/ladang 20 hektar dengan ketinggian air 40 centimeter, Desa Gumanti 60 rumah dengan ketinggian air 80 centimeter, Desa Batu Rijal Hulu 8 rumah dan sawah/ladang 20 hektar dengan ketinggian air 30 centimeter dan Desa Batu Rizal Hilir 10 rumah dan sawah/ladang 10 hektar dengan ketinggian air 30 centimeter.

Sedangkan di Kecamatan Batang Peranap, yakni Desa Selunak sebanyak 87 rumah terendam dan sawah/ladang 20 hektar dengan ketinggian air 70 centimeter, Desa Koto Tuo 55 rumah dan 20 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 60 centimeter, Desa Suka Maju 17 rumah dan 15 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 50 centimeter, Desa Pematang Benteng 20 rumah dan sawah ladang 20 hektar dengan ketinggian air 60 centimeter dan Desa Pematang 95 rumah dan sawah/ladang 50 hektar dengan ketinggian air 70 centimeter.

"Jalan yang menghubungkan Kecamatan Peranap dengan Kecamatan Batang Peranap masih belum bisa dilalui kenderaan roda empat. Hal itu dikarenakan air masih menggenangi badan jalan hingga kedalaman 90 centimeter. Jika ingin lewat harus menggunakan pompong atau perahu. Masyarakat yang akan menyeberang kita bantu menggunakan pompong didua kecamatan tersebut," demikian disampaikan Dandim 0302/Inhu Letkol ARH Hendra Roza SIP melalui Pasi Intel Kapten Inf Yunasri

Dikatakan Kapten Inf Yunasri, pihaknya mendirikan Posko Banjir di Desa Pematang Benteng dengan mensiagakan pompong ataupun sampan untuk memudahkan warga masyarakat yang akan melintas (menyeberang) dijalan yang terpapar banjir. 

Kapten Inf Yunasri menambahkan, untuk di Kecamatan Sei Lala ada 6 desa yang terpapar banjir, yakni Desa Tanjung Danau sebanyak 20 rumah terendam dan 250 hektar sawah /ladang dengan ketinggian air 80 centimeter, Desa Pasir Bongkal 53 rumah dan 200 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 80 centimeter, Desa Perkebunan Sei Parit 5 rumah dan 10 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 40 centimeter, Desa Pasir Batu Mandi 40 rumah dan 20 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 50 centimeter, Desa Pasir Kelampaian 6 rumah dan 30 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 40 centimeter serta Desa Pasir Selabau 12 rumah dan 20 hektar sawah/ladang dengan ketinggian air 40 centimeter.

"Untuk di Kecamatan Sei Lala ini, banjir disebabkan curah hujan terus menerus didaerah itu. Selain itu juga air kiriman dari kecamatan lain yang bersebelahan dengan Kecamatan Sei Lala," kata Kapten Inf Yunasri mengakhiri.
Dari informasi yang dirangkum Kodim 0302/Inhu, bantuan Sembako kepada warga yang terpapar banjir sudah disalurkan oleh Kodim 0302/Inhu melalui Koramil setempat serta dari pihak perusahaan setempat.(penrem031/wb)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Babinsa bersama Bhabinkamtibmas Turun ke sawah Bantu Petani
Atasi Banjir, FWH Minta PUPR Ekspos Pekerjaan Yang Dilakukan
Hendak Selamatkan Kasur, Kakek 67 Tewas Terseret Banjir
Banjir Bandang Terjang Tiga Desa di Aceh Tenggara
Banjir Setinggi Setengah Meter Rendam Sekolah, Pesantren Liburkan Santrinya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad