Home  / Penrem 031 WB
Irjenad Mayjen TNI Johny L Tobing Tutup TMMD 103 Kodim 0301/Pbr
Selasa, 13 November 2018 | 18:46:32
penrem031/wirabima
PEKANBARU, riaueditor.com - Selasa (13/11/2018), Irjenad Mayjen TNI Johny L. Tobing secara resmi menutup pelaksanaan TMMD 103 Kodim 0301/PBR di lapangan bola Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. 

Penutupan ini ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi disaksikan oleh Danrem 031/Wira Bima Brigjen  TNI Sonny Aprianto, S.E. M.M., Danlanud Roesmin Nurjadin, Wakapolda Riau dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau.

Sehari sebelum menutup Satgas TMMD 103 Kodim 0301/PBR Irjenad bersama Danrem 031/Wirabima, Kasiter Rem 031/Wira Bima dan Dansatgas TMMD 103 melaksanakan pengecekan langsung terhadap sasaran fisik yang dikerjakan oleh satgas TMMD 103. Peninjauan ini dilaksanakan dengan menggunakan sepeda motor mengingat lokasi yang tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Di setiap sasaran yang ditinjau Irjenad merasa puas terhadap hasil kerja Satgas TMMD 103 namun Irjenad juga berpesan agar memaksimalkan setiap sasaran agar dapat berguna bagi masyarakat sekitar yang menggunakan sarana tersebut. 

"Di setiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan. Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat," ujar Irjenad saat membacakan amanat Kasad.

Lebih lanjut Irjenad juga menyampaikan, semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan tni dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. 
Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh. 

Guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan, TNI bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri juga telah memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada aparat-aparat desa, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola Dana Desa. 

Hal tersebut menjadi bagian dari pembangunan non-fisik, yang juga diwujudkan melalui penyuluhan kesehatan, metode bertani dan beternak modern, serta sosialisasi hukum, bahaya Narkoba, maupun kesadaran Bela Negara. 

Disamping sasaran pembangunan fisik dan non-fisik tersebut, pelaksanaan TMMD ini juga membawa misi khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi, serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dengan prajurit TNI. Karena itulah, bagi prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ini saya wajibkan untuk tidur dan makan di rumah masyarakat, dengan memanfaatkan ULP prajurit yang diberikan oleh Komando Atas. 

TMMD kali ini juga telah mewujudkan sinergi dan kerjasama antara 8 lembaga pemerintah setingkat kementerian. tercatat bahwa kementerian agama turut berkontribusi dalam pemberian bantuan kitab suci Al-qur'an. 

Selain itu, kementerian perindustrian juga memberikan bantuan semen dan material untuk pembangunan jalan dan rehabilitasi rumah. Selanjutnya pelayanan kesehatan dilaksanakan melalui kerjasama dengan kementerian kesehatan, penyuluhan bela negara oleh kementerian pertahanan, penyuluhan kesadaran hukum dan bahaya narkoba dari Kepolisian RI, dukungan bibit pohon dan penyuluhan tentang lingkungan hidup dikoordinasikan oleh kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, serta penyuluhan tentang pemberdayaan dana desa dari kementerian dalam negeri. belum lagi kontribusi dari mitra-mitra TNI dan organisasi kemasyarakatan yang sangat aktif dalam berbagai kegiatan bhakti sosial.

"Dengan telah berakhirnya TMMD ke-103 ini, saya ingin berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat sebagai berikut: Pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI DAN RAKYAT yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD ini. Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa kita. selanjutnya, peliharalah hasil-hasil program TMMD KE-103 ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat. teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing, serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya," harapnya.

Selanjutnya, saya memohon maaf sebesar-besarnya apabila selama kegiatan TMMD ini terdapat perilaku atau tutur kata prajurit saya yang kurang berkenan di hati masyarakat. 

Kepada para prajurit yang tergabung dalam SATGAS TMMD agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing. Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi rakyat. karena TNI AD lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat. yang intinya menegaskan bahwa TMMD merupakan manifestasi peningkatan kesejahteraan rakyat dan Kemanunggalan TNI-Rakyat. 

"TMMD juga bertujuan mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara menyeluruh dan pemarataan pembangunan secara berkelanjutan," ucap Mayjen Johny L. Tobing saat membacakan Amanat Kasad.

Upacara penutupan TMMD 103 Kodim 0301/PBR ini diikuti oleh seluruh Satgas TMMD 103, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda serta Pelajar SMA dan SMP yang berada disekitar Kecamatan Tenayan Raya. Tampak Hadir Juga Ketua Pengurus Gabungan Persit Mabesad, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 031 PD I/BB, Staf Ahli Pangdam I/BB, Kasrem 031/WB, Para Kasirem 031/WB, Para Dandim jajaran Korem 031/WB, Kepala Dinas jajaran Pemko Pekanbaru serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. 

Usai Upacara Penutupan TMMD 103 Irjenad beserta rombongan juga meninjau pelaksanaan Bhakti Sosial Pengobatan Gratis dan pembagian Sembako kepada Masyarakat dilingkungan setempat.(Penrem 031/WB)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pangdam I/BB dan Danrem 031/WB Dampingi Kunjungan Presiden RI di Pekanbaru
Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Pekanbaru
Berhasil Ungkap Peredaran Narkoba, Personil Polresta Pekanbaru Terima Reward dari Masyarakat
Panglima TNI: TMMD Mempercepat Pembangunan Nasional di Pedesaan
Atasi Banjir, FWH Minta PUPR Ekspos Pekerjaan Yang Dilakukan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad