Home  / Pendidikan
Jemput Bola, SMPN 4 Pekanbaru Bangun RKB Dari APBN
Jumat, 2 November 2018 | 20:08:46
fin/riaueditor.com
Bangunan RKB bertingkat SMPN 4 Pekanbaru yang berasal dana swakelola APBN tahun 2018.
PEKANBARU, riaueditor.com - Terbatasnya dana APBD kota Pekanbaru dalam membangun infrastruktur pendidikan, tak membuat SMPN 4 Pekanbaru berdiam diri. Terbukti tahun 2018 ini SMP yang beralamat di Jalan DR Sutomo Pekanbaru itu kembali membangun Ruang Kelas Belajar (RKB) dari dana APBN senilai Rp 800 juta lebih.

"Yang pertama ini adalah sekolah rujukan nasional. Yang kedua, kalau tahu bahwa di sekitar kita ndak ada, iya berbuat, jemput, cari dengan data yang baik dan lengkap", ucap Kepala SMPN 4 Pekanbaru H. Ridwan SPd MPd saat dikonfirmasi, Jumat (2/11/18).

Ia menjelaskan, dengan sistim online sekarang ini Data pokok pendidikan (Dapodik) sangat diperlukan. Maka untuk itu data Dapodik itu diisi dengan sebenar-benarnya sesuai realitas, tutur Ridwan berbagi informasi.

"Jangan dibilang ada pustaka padahal barang itu ndak ada.  Jangan asal ada buku lalu dibilang ini pustaka kami. Itu yang ndak boleh", ucap dia mencontohkan.

Ridwan mengungkapkan, keinginan kuat dirinya membangun infrastruktur SMPN 4 Pekanbaru ini setidaknya berimbas pada pelayanan. 

"Ini kan sekolah lama yang prestasinya bagus. Bayangkan jika gedungnya jelek namun prestasinya bagus. Tentunya tak maching kan. Jadi yang jelas cari dan kejar peluang untuk membangun sarana dan prasarana", katanya.

Ditanya mengenai targetnya kedepan, dikatakan Ridwan bahwa menjadikan SMPN 4 Mantap (Menyenangkan, nyaman, tertib, asyik dan peduli).

Lebih jauh dijelaskan, sebagai sekolah rujukan nasional berkarakter Madani tahun 2016 silam, SMPN 4 Pekanbaru punya kewajiban mengimbaskannya ke sekolah lain. 

"Kita tularkan ke sekolah lain, itulah tanggungjawab kita. Contohnya pembinaan proses pembelajaran, kurikulum dan pendidikan karakter", sebutnya.

Ridwan mengatakan, sekarang ini peserta didik banyak diisi dengan otak negatif. Jadi untuk merubah akhlak termasuk agama, pendidikan karakter sangat penting. 

"Jelasnya perobahan tingkah laku", tegas Ridwan. 

Sekedar diketahui, SMPN 4 Pekanbaru tahun 2017 lalu mendapat dana Swakelola dari APBN sebesar 1,2 Milyar. Dana dari pemerintah pusat tersebut digunakan untuk pembangunan kantor 2 lantai. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
5 Tanda Mahasiswa Baru Harus Segera Bangun Relasi
Resmi Dilantik, PAW 4 Anggota DPRD Pekanbaru
BPOM Pekanbaru Kunjungi Kantin SMPN 42 Pekanbaru
Rawan Longsor, Desa Koto Perambahan Minta Pembangunan Turap
Begini Rincian Utang Pemerintah yang Tembus Rp 4.478,5 T

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad