Home  / Pendidikan
Demi Hukum Siswa, Sekolah di Batam Ini Bikin Sel Tahanan Mirip Penjara
Rabu, 12 September 2018 | 07:38:33
ilustrasi
BATAM - Lembaga pendidikan menjadi sarana peserta didik untuk belajar tentang kedisiplinan. Dari banyak sekolah, model pengajaran kedisiplinan untuk peserta didik mermacam-macam, tak kecuali juga dengan hukuman.

Meski begitu, sebuah sekolah swasta di Batam bahkan hingga menyediakan sel tahanan untuk mendisiplinkan peserta didik. Laiknya penjara, peserta didik yang tidak mematuhi aturan bisa saja dihukum di sel jeruji.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengaku menyesalkan adanya sel tahanan di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di Batam itu. Sel tahanan itu dibuat dengan alasan untuk mendisiplinkan siswa.

"Dalih penahanan seorang anak diduga atas nama mendisiplinkan, karena ada pelanggaran yang dilakukan siswa di sekolah tersebut," ungkap Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Liatyarti dalam keterangannya, Selasa (11/9/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun KPAI, lama penahanan di sel tersebut bergantung tingkat kesalahan. Bahkan ada siswa yang mengalami penahanan lebih dari satu hari.

"KPAI juga mendapatkan informasi bahwa hukuman fisik kerap dilakukan di sekolah tersebut atas nama menertibkan siswa," kata Retno.

Bahkan tak hanya itu, informasi yang dilaporkan ke KPAD Batam, pihak sekolah juga memberikan penghukuman kepada siswa selayaknya kepada seorang tahanan. Tidak hanya mendapatkan kekerasan, siswa yang diduga melanggar juga dipermalukan di media sosial.

"Kasus terakhir yang dilaporkan ke KPAD Batam, sang siswa yang diduga melakukan pelanggaran berat sampai tangannya diborgol dan mengalami tekanan psikologis karena merasa dipermalukan di media sosial," pungkas dia.


(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ditembak Bius, Harimau yang Terjebak di sela Bangunan Ruko Berhasil Dievakuasi
Kepala Bakamla Beri Ucapan Selamat Kepada Kasal
Seleksi CPNS 2018 Banyak yang Tak Lolos, JK Akui Adanya Kesenjangan Pendidikan di Indonesia
Pasca Banjir, Danramil 07/Kuantan Hilir Bersihkan Sekolah SD 003 Kampung Tengah
Tak Kunjung Bertanggungjawab, Orangtua Murid Tagih Janji SD Narwastu

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad