Home  / Pendidikan
Terkait Mutasi Kepsek, Soemardi Taher: Jangan Obok-obok Institusi Pendidikan Kita
Minggu, 4 Maret 2018 | 19:50:11
ist.
H Soemardi Taher
PEKANBARU, riaueditor.com Pasca mutasi, sejumlah Kepala Sekolah SMA/SMK yang ada di Riau mengungkapkan kekecewaannya, beberapa diantaranya mengaku dimintai bayaran, dan ada yang menerima SK pemberhentian dari jabatan sebagai kepala sekolah dan dialihkan menjadi guru biasa tanpa SK penempatan.

Menanggapi isu pungli dan keluhan para kepala sekolah yang merasa diperlakukan tidak adil, Tokoh Pendidikan Riau H Soemardi Taher turut prihatin dengan kondisi dunia pendidikan belakangan ini.

Mantan Anggota DPD RI periode 2004-2009 ini berharap institusi pendidikan untuk tidak diobok-obok dan dirusak tata nilai yang sudah baik selama ini. Soemardi minta persoalan ini agar diselesaikan secara transparan tanpa ketakutan dan intervensi.

"Pendidikan ini sangat menentukan memutus mata rantai kemiskinan dan keadilan, jika dirusak untuk hal yang tidak baik--kita mau jadi apa..," ujar Tokoh Pendidikan ini dihubungi via selulernya, Minggu (4/3/2018) siang.

Menurut pengamat pendidikan ini masalah mutasi merupakan hal yang biasa, asal tegak lurus dengan norma dan aturan berlaku.

Soemardi berharap dalam hal proses mutasi dan pengangkatan kepala sekolah agar dilakukan sesuai aturan dan transparan, jangan karena alasan yang tidak jelas atau karena sesuatu yang menistai institusi pendidikan itu sendiri. 

"Saya memang punya kerisauan, kenapa dia diberhentikan, alasannya apa, kalau ada syarat yang kurang--syarat yang mana, kok selama ini jadi kepala sekolah dibiarkan--jangan gantungkan nasibnya pada seseorang tanpa aturan yang benar, kecuali ada norma yang dia langgar. Apa kepala dinas mau diangkat jadi kepala sekolah," tukas Soemardi Taher.

Selaku sesepuh para guru, Soemardi juga mengimbau segenap kepala sekolah dan guru terutama yang muda-muda untuk senantiasa menjaga nama baik institusi guna memajukan dunia pendidikan di Riau.

"Karier itu penting, namun tempuhlah dengan cara-cara yang benar dan diridhoi Tuhan," pungkasnya.(har)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Mutasi Polri, Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs HE Permadi MH Diganti
Berkelahi dengan Temannya, Siswa SD di Agam Dicekik Kepala Sekolah
Terungkap di Reses, Karena Berhutang Ijazah 3 Orang Siswa di SMKN 6 Pekanbaru Ditahan Kasek
Bupati Amril Ucapkan Selamat Bertugas di Riau kepada Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo
IPW Nilai Ada Aksi ‘Lompat Pagar’ dalam Mutasi Polri

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad