Home  / Pendidikan
Asap Datang Siswa Dipulangkan, Kebijakan Disdik Buat Pelajar Bingung
Selasa, 15 September 2015 | 14:52:11
Asap Datang Siswa Dipulangkan, Kebijakan Disdik Buat Pelajar Bingung.
PEKANBARU, riaueditor.com - Kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru sebelumnya telah mengumumkan bahwa Senin (14/9) dan Selasa (15/9) libur kabut asap. Namun hari ini (Selasa, red) murid diminta masuk namun kembali dipulangkan.

Hal itu dikarenakan Senin sore (14/9), Kota Pekanbaru dan sekitarnya diguyur hujan deras. Sehingga, membuat Disdik Pekanbaru berubah pikiran dan segera membuat kebijakan untuk memulai lagi kegiatan belajar mengajar hari ini Selasa (15/9).

Namun, saat pagi hari dilihat kabut asap masih pekat dan papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukan pada level sangat tidak sehat, anak-anak kemudian dipulangkan lagi dan hal ini membuat orangtua resah.

"Seharusnya Disdik bisa mengambil kebijakan yang tegas, bukan malah membuat orangtua bolak balik menjemput anak ke sekolah dengan waktu yang tidak pasti," ujar salah seorang wali murid usai menjemput anaknya di salah sekolah di Pekanbaru.

Begitu pula dengan Yatno, wali murid salah seorang pelajar di Pekanbaru. "Kita berharap, pak Kadis, bisa membuat kebijakan itu yang jelas. Baru aja hujan, sudah bapak suruh anak-anak sekolah, nyatanya pagi ini dipulangkan lagi," ungkapnya.

Yatno mengaku bingung, pasalnya saat Ia menjemput anaknya disekolah, malah tak menemukannya. Pasalnya, para siswa sudah dipulangkan lebih awal.

"Kan tak semua guru bisa menelponi semua orangtua bahwa anak-anak dipulangkan. Saya tahu anak-anak dipulangkan karena saya datangi sekolahnya karena perasaan tak enak. Bapak lihatlah di jalanan itu anak-anak sekolah berkeliaran, sebagian besar pakai seragam SD. Ada yang menangis di depan sekolah karena orangtuanya tak kunjung datang," kata Yatno.

Menurutnya, kebijakan Disdik yang melihat hujan hanya sebentar lalu mengambil keputusan untuk kembali bersekolah merupakan kebijakan yang salah. Seharusnya Disdik menimbang dan melakukan kajian secara matang kapan waktu yang tepat untuk anak-anak kembali ke sekolah dengan aman.

"Sudahlah asap membunuh anak pelan-pelan kebijakan bapak membuat orangtua stres berat," pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Zulfadil mengakui bahwa pagi tadi anak-anak terpaksa cepat pulang atau pulang lebih awal. Hal itu berdasarkan pengumuman yang disebarkannya kepada seluruh kepala sekolah.

"Kepada Pengawas, Kepala UPTD, dan Kepsek PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, pagi ini setelah anak-anak diberi tugas (PR) maka siswa langsung dipulangkan. Sedangkan untuk hari Rabu dan seterusnya mengacu kepada informasi dari Pemprov dan Pemko. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," jelas Zulfadil. (ade)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ostar Al Pansri Sebut Bakal Ada Tersangka Baru Kasus Pengadaan Meubiler Disdik Kampar
Pelajar SMA Cendana Pekanbaru Bangga, Riau Miliki Beragam Destinasi Pariwisata
Pengunjung M-Box Kembali Kedapatan Berbuat Asusila, DPRD Salahkan Pemko
Seorang Pelajar BP2IP Aceh Hilang Dalam Kecelakaan Kapal Tug Boat Marcopolo 129 di Pekanbaru
Kenal Lewat Facebook, Pelajar Pasantren di Kampar di Perkosa di Kebun Sawit

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU