Home  / Pemerintahan
Kerjasama dengan Jasindo, Sapi Bantuan Pemprov Riau Diasuransikan
Rabu, 7 November 2018 | 20:52:30
M Nalfison
PEKANBARU, riaueditor.com - Dari 870 ekor sapi pengadaan tahun 2018, 547 ekor diantaranya sudah di distribusikan kepada Kelompok tani (Poktan). Menariknya, sapi hibah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau ini diasuransikan.

"Semua sapi bantuan ini diasuransikan. 1 ekor sapi khususnya betina itu preminya Rp 200 ribu. Kemudian CD pemerintah Rp 160 ribu. Yang Rp 40 ribu lagi ditanggung oleh peternak", ucap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Drh. Askardiya R. Patrianov, MP melalui Kabid Agribisnis Nalfison saat dikonfirmasi, Rabu (7/11/18).

Ia menjelaskan, pengasuransian sapi bantuan Pemprov Riau itu dimaksudkan agar petani merasa nyaman dan bisa mengembangkan dan meningkatkan taraf ekonomi masyakat yang ada di pedesaan.

"Kita bekerjasama dengan asuransi Jasindo. Setiap satu ekor sapi itu asuransinya Rp 10 juta yang meliputi mati atau hilang", ujarnya.

Nalfison mengatakan, 870 ekor sapi yang diadakan Dinas PKH Riau tahun 218, didistribusikan kepada 58 Poktan di 9 kabupaten. Diantaranya, Rohul, Rohil, Kuansing, Inhu, Inhil, Siak, Pelalawan, Meranti dan Kampar. 

"Sejauh ini kita sudah distribusikan 547 ekor, sisanya menyusul", ucapnya.

Dikatakan, dipilihnya bibit sapi asal Madura karena tidak ada jembrana dan tahan akan penyakit. Kemudian sapi yang dibeli dalam kondisi sehat dan berusia diatas 1 tahun.

"Sapi ini sifatnya hibah dari kita. Akan tetapi mereka di masing masing daerah punya aturan yang mengikat bagi setiap penerima bantuan sapi baik dari APBN maupun APBD", ucap Nalfison didampingi PPTK Gatot Irianto.

Nalfison menegaskan, setiap bantuaan yang namanya hibah pemerintah berhak melakukan monitoring. 

"Di lapangan sehari-hari ada petugas kita. Namanya petugas pendamping. Jadi mereka yang melaporkan setiap perkembangan di lapangan ke kita", timpal Gatot Irianto. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Diakhir Penugasan, Kogasgabpad TNI Undang Relawan Gempa NTB
Prajurit TNI Kogasgabpad Bantu Pembangunan Sekolah Dasar di Kota Palu
Ketua Persit KCK Cab. ILV Kodim 0314/Inhil Serahkan Sembako pada Keluarga Kurang Mampu
Panglima Kogasgabpad Lombok Melepas 76 Prajurit TNI Kembali ke Satuannya
Pangkogasgabpad NTB Berangkatkan 427 Personel Kembali ke Home Base

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad