Home  / Pemerintahan
Jadi Temuan BPK, Puluhan Kontraktor Perkim Pekanbaru Kembalikan Kerugian Negara
Senin, 9 Juli 2018 | 20:54:49
ilustrasi
PEKANBARU, riaueditor.com - Berdasarkan Laporan Hasi Pemeriksaan (LHP), Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Riau beberapa waktu lalu, ditemukan kerugian negara atas pelaksanaan pekerjaan puluhan proyek di lingkungan Dinas Perumahan rakyat kawasan pemukiman (Perkim) kota Pekanbaru tahun anggaran 2017. Dan perusahaan diwajibkan mengembalikan uang kerugian negara ke Kas Daerah.

Terjadinya pengembalian Uang kerugian negara oleh para rekanan kontraktor tersebut dibenarkan Plt. Kadis Perumahan rakyat kawasan Pemukiman (Perkim) kota Pekanbaru Mulyasman, melalui Kepala Bidang (Kabid) Prasarana sarana Utis Umum (PSUU) Dinas Perkim kota Pekanbaru, Martin Manuluk, MT, di kantornya, Senin (9/7).

Martin menjelaskan, pengembalian uang oleh perusahaan merupakan "penyesuaian" harga atau nilai pekerjaan yang dilaksanakan. Artinya, nilai uang yang  mereka terima harus sesuai dengan nilai pekerjaan yang dilaksanakan. 

"Sesuai hasil Audit BPK  ditemukan, uang yang mereka terima tidak sesuai dengan nilai yang dikerjakan. Sehingga diwajibkan mengembalikan uang lebih bayar tersebut. Atau disesuaikan  dengan hasil yang dikerjakan," terangnya.

Ditanya, berapa jumlah paket pekerjaan, nilai uang kerugian negara dan realisasi pengembalian uang oleh perusahaan. Menurut Martin Manuluk, terdapat puluhan paket pekerjaan Semenisasi jalan lingkungan Tahun 2017. Sesuai hasil Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau mencapai Rp.200 juta. "Kita hanya menerima dari rekanan dan uang tersebut akan disetorkan ke Kas Daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, rekanan yang mengembalikan dana ke Kas Daerah ada yang langsung melunasi semua uang kerugian negara dan ada juga yang mencicil. Tetapi dengan batas waktu yang telah ditentukan, mereka harus melunasi seluruh kerugian negara tersebut, kata Martin.

Lagi kata Martin, pihaknya menyampakkan apresiasinya kepada  perusahaan yang beritikad baik untuk mengembalikan uang negara, tutupnya.(Jsn)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Anggaran Pemeliharaan Rutin Ditahan, Sejumlah Kontraktor Mengeluh
Listrik Diputus PLN, Puluhan Warga Rusunawa Geruduk Kantor Perkim Pekanbaru
Dana Terbatas, Kegiatan di Dinas Perkim Riau Dirasionalisasi
Dinas Perkim Pekanbaru Serahkan 108 Unit Rumah Swadaya
2018 Dinas Perkim Alokasikan 86 Miliar Untuk Semenisasi Jalan Lingkungan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad