Home  / Pemerintahan
Pemprov Riau Tembus Akses Pekanbaru - Perawang Via PT SIR
Selasa, 16 Januari 2018 | 19:22:05
humas riau
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), saat meninjau lokasi akses jalan Pekanbaru - Perawang, Selasa (16/1/2018).
PEKANBARU, riaueditor.com - Pemerintah Provinsi Riau akhirnya berhasil merealisasikan jalan akses Pekanbaru - Perawang via jalan perusahaan sawit PT Surya Intisari Raya (SIR) pada 2018 ini. 

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa, (16/1/2018) meninjau lokasi akses jalan tersebut. 

"Saya berharap, dengan akses jalan baru ini akan mempersingkat jarak tempuh warga Pekanbaru dengan Perawang di Siak dan beberapa wilayah pesisir lainnya," ujar gubernur. 

Dengan jalan akses baru ini, diperkirakan  waktu tempuh warga dari Okura di Pekanbaru ke Perawang di Siak hanya memakan waktu 30 menit saja. 

Apalagi, memang banyak warga Pekanbaru yang beraktifitas di Minas dan sekitar Perawang. Misalnya guru guru di SMK N 1 Minas ada beberapa yang bertempat tinggal di Simpang Tiga, Pekanbaru. 

"Aksesibilitas warga dengan jalan ini tentunya akan semakin lancar," ungkapnya. 

Peninjauan ini sekaligus untuk memastikan kesiapan upaya penyerahan lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT SIR kepada Pemerintah Provinsi Riau. Rencananya arah terima tersebut akan tertuang dalam MoU yang akan ditandatangani Jum'at, (19/1/2018). 

Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau Dadang Purwanto mengatakan pihaknya berharap lahan HGU yang dihibahkan tersebut berupa jalan dengan lebar 20 meter sepanjang 9,5 kilometer. 

"Hal ini tentu saja sesuai dengan aturan jalan yang menjadi kewenangan provinsi. Kalau di bawah 20 meter lebarnya, tentu bukan kewenangan provinsi yang mengelolanya," ungkapnya. 

Lahan yang sudah dihibahkan tersebut nantinya akan ditimbun dan dilakukan pengerasan selama sekitar setahun. Setidaknya butuh 80 meter kubik material timbun untuk pengerasan ruas tersebut. 

Sebelumnya, Pemprov Riau juga sudah memulai pengerjaan ruas jalan tersebut yang berada di luar PT SIR. Akses jalan yang dimaksud yakni mulai dari Jl Simpang Pramuka, Rumbai, Pekanbaru hingga Kecamatan Tualang, Siak sepanjang 23 kilometer. 

Pengerjaannya yakni terdiri dari 15,150 km kontruksi aspal dan 7,85 km sirtu dan pengerasan. 

Pada 2017 lalu, Pemprov Riau juga telah melakukan peningkatan kualitas ruas tersebut dengan rincian yakni aspal sepanjang 1,615 km di luar areal PT SIR. Serta penimbunan sepanjang 1,3 km di dalam lokasi PT SIR. Pengerjaan tersebut menghabiskan anggaran Rp 7,581 miliar. 

Sementara itu Sapta Rahendra Direktur PT SIR, mengungkapkan apresiasinya atas inisiasi dari Gubernur Riau yang gigih melobi perusahaan agar mau membuka akses jalan untuk masyarakat umum. 

Akses jalan ini nantinya kata Sapta akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Karena ini merupakan jalan provinsi.

"Kami dari perusahaan siap menselaraskan hibah lahan HGU perusahaan untuk jalan provinsi ini," ujarnya. (***)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kecelakaan Maut di Jalan Siak II Pekanbaru, Tiga Meninggal, Dua Kritis
Panglima TNI: Pegang Teguh Sifat Satria Dalam Melaksanakan Tugas
Ingin Masuk SMP Negeri di Pekanbaru, Inilah Daya Tampung yang Tersedia
Polresta Pekanbaru Amankan Kurir 3 Kg Sabu di Simpang Bingung
Tim Jumat Barokah Polresta Pekanbaru Kunjungi Kediaman Seorang Buruh Cuci Gosok

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad