Home  / Pemerintahan
Melalui Program KB, Plt Bupati Sukiman Yakin Bisa Tekan Angka Pertumbuhan Penduduk
Kamis, 14 Desember 2017 | 21:38:03
Humas Rohul
PS.PANGARAIAN, riaueditor.com - Melalui program Keluarga Berencana (KB), Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul), H.Sukiman menyatakan, hal itu bia menekan laju pertumbuhan penduduk. Karena saat Rohul baru dimekarkan, jumlah penduduknya baru 200 ribuan jiwa, tetapi di 2017 meningkat 100 persen lebih atau kini sudah capai 600 ribu jiwa lebih.

Itu ditegaskan Plt Bupati Rohul, H Sukiman, Kamis (14/12) siang, dalam amanatnya saat kegiatan PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes) tahun 2017 tingkat Rohul, yang dipusatkan di SMPN 3 Rambah, dihadiri Kajari Rohul, Kapolres Rohul, sejumlah anggota DPRD Rohul, Ketua GOW Rohul Hj Peni Sukiman, Ketua DWP Radias Damri, para Asisten, Staf Ahli Bupati, kepala dinas, badan dan kantor di jajaran Pemkab Rohul.

Kegiatan yang ditaja PKK Rohul dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), juga dihadiri Kepsek SMPN 3 Rambah Zafris Bono, para pelajar SMPN 3 Rambah, serta relawan KB dan masyarakat sebagai peserta KB.

“Tokoh agama dan masyarakat diharapkan bisa berperan, karena keberadaan mereka sangat membantu perkembangan penduduk yang cukup meningkat, serta mereka lebih gampang membantu sosialisasikan ke masyarakat terkait program KB. Berharap Forum yang dilantik bisa melaksanakan tugasnya di masyarakat,” himbau Plt Bupati Sukiman.

Kata H Sukiman juga mengaku, di Rohul pertumbuhan penduduk cukup tinggi. Saat ini perkembangannya sudah capai lebih 100 persen, sementara dulunya saat pemerkaran kabupaten Rohul penduduk hanya 200 ribuan, namun kini sudah capai 600 ribu lebih.

“Sehingga seperti Gerakan masyarakat (Germas), Camat, Lurah dan kades juga harus ikut  bisa mensosialisasikannya, temasuk media untuk menyampaikan ke masyarakat. Dengan berjalannya program KB,”

“Bahwa PKK dengan 10 program pokok bertujuan memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga. Itu mendukung program KB dan kesehatan sesuai UU 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga,” imbau Sukiman.

Sebutnya pula, kini di Indonesia laju pertumbuhan penduduk setiap tahunnya bertambah 1,3 persen. Kemudian, melalui program KB tidak hanya terkait jumlah anak saja, namun mewujudkan keluarga kecil, bahagia, sejahtera dan mendapat pelayanan kesehatan yang memadai khususnya di Rohul.

“Di kegiatan PKK KB-Kes 2017 tingkat Rohul ini, juga dilaksanakan pemasangan alat kontrasepsi KB gratis bagi kaum ibu. Dari kegiatan itu, 50 ibu ikut KB IUD dan 150 lagi dengan menggunakan Implan. Melalui kegiatan ini, bisa menekan lajunya pertimbuhan penduduk, dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” harap H Sukiman.

Sementara itu, dikatakan Kepala bidang pengendalian Penduduk BKKBN Riau, H.Said Masril, pihaknya menargetkan bagaimana program KB bisa berjalan. Dilihat dari kegiatan KB di Rohul, mobilitas masyarakat tinggi, hanya saja hingga kini pernikahan dini lebih 50 persen pernikahan wanita di bawah 21 tahun masih terjadi di Rohul ini.

“Seharunya, mobilitas masyarakat untuk KB tinggi dan tingkat melahirkan rendah. Namun, saat ini tingkat kelahiran di Rohul masih tinggi. Kedepannya, bagaimana masyarakat Rohul lebih meningkat. Sehingga tokoh agama, masyarakat bisa melakukan sosialisasi, kita juga sudah lakukan sosialiasi melalui foster-fosrter,” imbaunya.

Di kegiatan itu, Plt Bupati Sukiman juga mengukuhkan Kepengurusan Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (FAPSEDU) juga dilantik kepengurusan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Rohul.

Kegiatan di bawah terik matahari siang, malah membuat suasana PKK KB Kes Rohul meriah, dengan ditampilkan ajang tari oleh pelajar SMPN 3 Rambah, termasuk pagelaran Kabaret yang membuat suasana meriah, karena lakon dagelan yang dibawa para pelajar membuat tertawa seluruhnya yang hadir, termasuk Plt Bupati H Sukiman, Kajari Rohul dan Kapolres Rohul. (adv/hum)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sukses Kembangkan Produk Kuliner, Disperindagsar Apresiasi IPEMI Pelalawan
Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Tertahan di Level 5 Persen
Plt Kadis Kominfotik Tegaskan Tak Ada Wacana Pemangkasan TPP PNS 2018
BNN Kalteng Tangkap Guru TK Bersama Anak SD saat Ambil Paket Sabu
Ketum Dharma Pertiwi: Ibu-Ibu Harus Menjadi Sumber Inspirasi Keluarga

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad