Home  / Pemerintahan
Tunda hasil Pemilihan, "Jagoan" Pihak Kelurahan Palas Menang
Selasa, 14 November 2017 | 20:44:48
LPM
PEKANBARU, riaueditor.com - Kendati akhirnya ditunda, namun keterpilihan Gunawan Simbiring sebàgai Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Palas Kecàmatan Rumbai, sudah diprediksi sehari sebelumnya. Alasannya mekanisme pemilihan sudah di setting sedemikian rupa sebelum hari H digelar.

Sebagaimana diungkapkan salah seorang Ketua RT di lingkungan RW 8 Kelurahan Palas M sehari sebelumnya, tepatnya Senin sore (13/11/17). 

Menurut M, pemilihan Ketua LPMK yang digelar besok, Selasa (14/11/17, red),  di kantor kelurahan, hanya sebatas formalitas saja. Sebab, orang yang menjadi Ketua LPMK Palas, sudah sangat jelas.

Nah, untuk menjegal calon lainnya, pihak panitia melakukan mekanisme pemilihan dengan tidak melibatkan Ketua RT dan tokoh masyarakat sebagaimana pemilihan pemilihan sebelumnya.

M mengungkapkan, langkah itu dilakukan panitia guna memuluskan jalan bagi Gunawan Simbiring sebagai Ketua LPMK Palas "jagoan" pihak kelurahan.

Issu miring yang diterima wartawan itu awalnya kurang dipercaya, meski M sempat mengajak bertaruh karena kecewa dengan pihak panitia.

Akan tetapi keesokan harinya, Selasa (14/11/17), pernyataan M teryata betul betul terbukti. Indikasinya, dengan melarang wartawan meliput mekanisme pemihan. 

Kondisi ini sempat terjadi ketegangan antara wartawan dengan ketua panitia pemilihan Indra Gafur karena tak bisa menjelaskan alasan tertutupnya mekanisme dan tata cara pemilihan.

Mekanisme pemilihan yang tak transparan ini kian terbukti kala ketua RW 3 Ronal Jhonson Sitorus, Ketua RW 6 Parluhutan Sitohang, Ketua RW 7 Lukman Lumbangaol dan Ketua Karàng Taruna Syamsudin Harahap memilih walk out dari arena pemilihan.

Meski keempat tokoh masyarakat ini walk out, namun oleh Ketua panitia Indra Gafur tetap melanjutkan pemilihan setelah diskors selama 15 menit dan wartawan pun baru diperkenankan masuk.

Pemilihan pun digelar dengan hasil, 7 orang yang tersisa dalam ruangan yang punya hak suara, bulat memilih Gunawan Simbiring sebagai ketua LPMK sebagaimana diprediksi sebelumnya

Menariknya, dari 4 RW yang punya hak suara, satu diantaranya pegawai Kelurahan atas nama Rizwan, Plt  RW 4. Dia diberi hak suara meski pejabat Kelurahan tersebut tidak berdomisili di RW 4.

Sementara itu Parluhutan Sihotang saat dikonfirmasi penundaan sebagaimana disepakati mengaku lega.

Sebaliknya jika pihak panitia ingkar janji dàn tetap berpedoman pada pemilihan yang digelar hari ini, pihaknya dkk mengancam akan menduduki kantor kelurahan hingga pemilihan benar benar dilàksanakan secara demokratis.

Sekedar diketahui, 3 calon yang awalnya diusung yakni, Gunawan Simbiring, Dingin Silaban dan Parmen Manullang. Namun dua nama terakhir tak hadir di arena pemilihan karena sudah mencium aroma ketidakberesan.

Usai membacakanhasil pemungutan suara yang dimenangkan Gunawan Simbiring, Ketua panitia Indra Gafur meminta Bhabinkamtibmas Brigadir Hebron K dan Babinsa Sertu Usman untuk membubuhkan tanda tangan sebagai saksi. Namun sayang, kedua petugas keamanan tersebut menolak dengan alasan mereka netral. (fin) 

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tak Libatkan RT, Pemilihan Ketua LPM Kelurahan Palsa Ditunda
Bupati Wardan: Pemilihan Bujang Dan Dara Inhil 2017 Sudah Menjadi Tradisi
Pemilihan Ketua DPC PPP Pekanbaru Diduga Ada Intervensi
Putri Kabag Ops Polresta Pekanbaru Juara Harapan 1 di Ajang Pemilihan Abang None Cilik Jakarta 2017
40 Suara Untuk Wan Thamrin dan 23 Untuk Ruspan Aman

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad