Home  / Pemerintahan
Kampar Akan Bangun Gedung Beku Perikanan Terintegrasi Senilai 20 Milyar
Kamis, 12 Oktober 2017 | 19:16:38
sy/riaueditor.com
BANGKINANG, riaueditor.com - pemerintah Kabupaten Kampar berencana akan membangun Cold Stroge (Gedung beku) Perikanan Senilai 20 Milyar di Desa Koto Perambahan Kecamatan Tambang.

Dilahan Kamparicom seluas 68 hektar yang sempat terbengkalai beberapa tahun lalu nantinya akan dibangun Gudang Beku terintegrasi, dengan produksi Fillet 13,5 ton perhari, ikan beku 40 ton perhari dengan kapasitas Cold Storage 200 ton, kata kepala Dinas Perikanan Kampar, Usman Amin saat dihubungi awak media Kamis (12/10/2017).

Untuk diketahui, Cold storage adalah sebuah ruangan yang akan dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu dan akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk dengan tujuan untuk mempertahankan kesegarannya.

Sementara, Bupati Kampar, Azis Zaenal Saat ditanya mengenai status pembangunan Kamparicom yang terbengkalai, Ia menggambarkan pemerintah Kabupaten Kampar dalam hal ini merupakan pihak yang dirugikan, terutama masyarakat dan pelaku usaha perikanan.

"Pemerintah dan masyarakat dirugikan, nyatanya cold storage tak jadi dibangun, uang kita hilang, lahan sudah dibebaskan dan orangnya tak jelas, artinya tidak ada pembangunan," ujar Azis.

Nantinya kita berharap cold storage bukan hanya sekedar sentra industri perikanan berbasis perikanan, namun menjadi salah satu ikon baru di bidang pariwisata. Masyarakat selain dapat melihat proses pengelolaan ikan, juga bisa menikmati suasana wisata di tepian sungai kampar plus menikmati kuliner khas Kampar.

Pemerintah Kabupaten Kampar akan berupaya menyegerakan pembangunan cold storage bersumber dari dana APBN senilai 20 milyar ini. "Insya Allah, tahun depan cold storage dibangun," Ujarnya.

Hadir dalam peninjauan lokasi pembangunan cold storage, Wakil Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar Yusri, Asisten II Nurbit, Kadis Perikanan Usman, Camat Kampa Alkausar, OPD lainnya, kepala desa dan masyarakat sekitar. (Syailan Yusuf)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Panglima TNI: TMMD Dilakukan Secara Terintegrasi Bersama Rakyat
PDI Perjuangan Kampar Solidkan Barisan Sonsong Tahun Penentuan
Terjaring OTT, Kasatpol PP Kampar dan Bawahan Diperiksa
Jabat Kadis PUPR, Afdal Pamit Dengan Diskominfo dan Persandian Kampar
73 Pejabat Kampar Dilantik

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad