Home  / Pemerintahan
Gubri Ajak Etnis Jawa Jaga Persatuan
Minggu, 8 Oktober 2017 | 23:30:21
sy/riaueditor.com
BANGKINANG, riaueditor.com - Ikatan keluarga jawa riau (IKJR), merupakan salah satu upaya etnis Jawa menjaga persatuan dan kesatuan, Hal ini penting, karena dengan persatuan dan kekompakan maka pembangunan yang ada diprovinsi Riau dapat diteruskan tanpa ada gangguan. Kabupaten Kampar merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki keanekaragaman etnis, tetapi mampu menjaga kesatuan dan persatuannya, ujar Gubernur Riau.

Hal ini disampaikan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman ketika membuka acara peringatan 1 Muharam 1439 H IKJR di desa Suka Mulya Kecamatan Bangkinang, Sabtu (7/10/2017).

Andi berharap etnis Jawa yang ada di Kabupaten Kampar dapat menjadi pelopor untuk menjaga persatuan dan Kesatuan di daerah ini. Hal ini sangat penting Karena apa yang kita capai hari ini karena merupakan kebersamaan kita, hasil dari menjaga persatuan dan kesatuan kita. Kedepan dengan persatuan dan Kesatuan Provinsi Riau dapat membangun dan mensejahterakan masyarakatnya dapat terbangun dengan baik.

Selain kita menonton pertunjukkan Wayang, acara ini juga sebagai ajang silahturrahmi antara Ikatan Jawa Riau (IKJR) bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Pemda Kampar. Apalagi yang kita saksikan saat ini merupakan salah satu kesenian dari Etnis Jawa dan telah lama ada di Indonesia. Pertunjukkan yang diadakan IKJR ini juga merupakan salah satu upaya kita melestarikan Seni Budaya yang ada di negara kita. Dan Kesenian Wayang ini telah menyebar keseluruh daerah yang ada di Provinsi Riau ini, ungkap Andi.

Sementara itu Ketua DPP IKJR Provinsri Riau, Sukiman mengatakan peringatan 1 Muharam ini hendaknya kita semua melakukan Instrospeksi, mawas diri, amalan kita, pengabdian kita kepada bangsa dan Negara kita ini kepada rakyat khususnya dikabupaten Kampar ini, yang baik kita tingkatkan dan yang kurang baik kita tinggalkan. 

Selain itu Sukiman yang juga Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hulu mengajak seluruh masyarakat etnis jawa yang ada dikabupaten Kampar untuk tetap memegang prinsip”dimana Bumi dipijak disitu langit dijunjung”, dan menjunjung kehormatan saudara-saudara kita serta kita selalu mengedepankan sikap tolenransi, saling menghargai diantara sesama, dan ini semua demi menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan didaerah kita ini, ujar Sukiman.

Ketua Dewan Penasehat IKJR Provinsi Riau yang Juga Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya menyampaikan kita harus bangga disaat ini kita ikut melestarikan budaya, berkat niat yang ikhlas, kebersamaan dan kekompakkan serta Gotong Royong  IKJR beserta anggota acara ini dapat terwujud. Dirinya juga mengucapkan terima kasih terhadap kepercayaan masyarakat etnis jawa yang ada dikabupaten Kampar yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan Azis Zaenal dan Catur Sugeng untuk memimpin Kampar lima tahun kedepan.

Dalam kesempatan tersebut Catur Sugeng juga berikan apreasi yang tinggi terhadap etnis Jawa yang ada dikabupaten Kampar untuk tetap menjaga kesejukan dan kenyamanan ketika pelaksanaan Pemilukada beberapa saat yang lalu, ini semua memang komitmen kami bersama IKJR untuk ikut menjaga ketertiban dan kesejukan dalam pelaksanaan Pemilukada, ungkapnya.

Catur Sugeng berpesan, kepada Kepala Desa untuk menjalankan amanah dan mengemban tugas sebagai kepala Desa, Anggaran Dana Desa yang sekarang sangat signifikan jumlahnya sangat baik, gunakan dengan benar agar rakyat merasa nyaman, gunakan dana tersebut untuk kemashlatan umat, ayomi rakyat, jaga dan berikan kesejahteraan untuk masyarakat.

Ia mengajak seluruh masyarakat Jawa yang ada dikabupaten Kampar untuk bersatu mendukung program Pemerintah Provinsi Riau dan Pemda Kampar, berikan kepercayaan kepada Pemerintah untuk menjalankan roda pemerintahan, karena dengan masyarakat yang rukun, damai, sejuk, maka Pemerintah tenang untuk melanjutkan pembangunan didaerah kita.

Ketua DPD IKJR Lilik Sugianto mengatakan bahwa acara ini biasa bagi etnis jawa disebut Suro’an, peringatan malam tahun baru islam 1 Muharam 1439 H, Pada saat ini kita merasakan kebanggan karena IKJR dapat memperingati 1 Muharam, acara ini juga merupakan salah satu cara menumbuhkan rasa Silahturrahmi dan persatuan diantara etnis Jawa yang ada dikabupaten Kampar, malam peringatan 1 Muharam ini juga akan digelar pagelaran Wayang kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Tantut Susanto dari Solo, ujarnya.

Hadir dalam acara,  Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Ahmad Fikri, Kejari Kampar Dwi Antoro, Tokoh masyarakat yang juga mantan Bupati Kampar Burhanuddin Husin, Pengurus IKJR Provinsi, Camat, Kepala Desa se Kecamatan Bangkinang dan Kecamatan Tapung, tokoh masyarakat Abu KS serta masyarakat Etnis Jawa yang ada dikecamatan Bangkinang dan sekitarnya. (rls/sy)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dubes RI untuk Lebanon: Jaga Nama Baik Bangsa Indonesia
Panglima TNI: Jaga dan Pelihara Kepercayaan Rakyat kepada TNI
Kasrem 031/Wirabima: Perkokoh Persatuan Membangun Negeri
Bakamla RI Jaga Keutuhan NKRI Bersama Rakyat
Danrem 031/Wira Bima: Jaga Toleransi, Kebersamaan Dan Saling Menghargai Antar Umat Beragama

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad