Home  / Parlemen
Bahas Izin Klinik, Nofrizal Desak Dinas Lakukan Pengawasan Apotik dan Toko Obat
Rabu, 11 Oktober 2017 | 15:30:58
Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Ir Nofrizal MM
PEKANBARU, riaueditor.com - Hingga kini masih saja banyak di temukan sejumlah Klinik, apotik dan toko obat di Pekanbaru yang tidak berizin. Jelas keberadaannya menjadi sorotan dan meresahkan masyarakat.

Diketahui saat ini sejumlah apotik dan toko obat tidak berizin telah ditutup sementara oleh Dinas Kesehatan Pekanbaru pada akhir September lalu, namun upaya yang dilakukan dinilai tidak memberikan efek jera bagi para pelaku usaha akibat minimnya pengawasan dari instansi terkait.

Dua pekan lalu, Diskes Pekanbaru telah menjatuhkan sanksi tegas berupa penutupan terhadap 6 apotik dan toko obat tak berizin. Sedikitnya jumlah petugas, menjadi salah satu kendala dalam hal pengawasan terhadap izin dan operasional bagi sejumlah pelaku usaha  termasuk bisnis yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan dan farmasi.

Menanggapi persoalan ini, Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Ir Nofrizal MM membeberkan solusi terkait masalah ini. Ia menganggap dalam hal mengawasi  dan pendataan izin bagi klinik, apotik dan apotik  dapat dilakukan melalui sistim Online. Jika ini dilakukan, maka pengawasan akan lebih mudah dan terbuka serta bisa diakses oleh siapa saja.

"Kita mendorong Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, untuk segera membuat aplikasi dengan sistim online. Setiap klinik apotik dan toko obat harus terdata dalam sistim online, maka pengawasannya akan lebih mudah. Mau cek perizinan atau perpanjang izin kan jadi mudah, termasuk juga untuk pembayaran pajaknya. Sekarang aja kita gak tau berapa jumlahnya, gimana mau mengawasinya," kata Nofrizal, Rabu (11/10)

Nofrizal berharap, Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru dan Badan Pelayanan Terpadu bisa saling bekerjasama sehingga pengawasan terhadap pelaku  usaha bisa dimaksimalkan. 

"Tidak ada lagi pelaku usaha yang tidak mengurus izin atau tidak bayar pajak, karena ini akan berdampak terhadap PAD Kota Pekanbaru ke depan," tutpnya. (Eza)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Toko Kue Irfan Hakim Hancur Ditabrak Pegawainya Sendiri
3.120 Warga Ternate Mendapat Pengobatan Gratis Dari TNI
Satgas Indobatt-03 Beri Bantuan Beras dan Alquran di Desa Wailu Sudan
Dubes RI untuk Sudan dan Asops Panglima TNI kunjungi Prajurit TNI Indobatt-03
Youngmodo dan Karate Indobatt-03 Tampil di Acara United Nation Day

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad