Home  / Parlemen
Ruslan Tuding Kebijakan Buang Sampah Kena Denda dan Kurungan Mengada-Ngada
Kamis, 10 Agustus 2017 | 14:45:55
Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Ruslan Tarigan
PEKANBARU, riaueditor.com - Keluarnya kebijakan dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di bawah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru bakal menerapkan aturan denda dan kurungan terhadap pelaku membuang sampah sembarangan saat ini, dinilai DPRD kota Pekanbaru aturan ini mengada-ngada.

Hal ini ditegaskan langsung oleh anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Ruslan Tarigan yang menuding aturan ini mengada-ngada. Pasalnya jika di paksakan di terapkan aturan tersebut jelas tidak sesuai dengan kondisi yang ada.

"Itu aturannya (kurungan dan denda,red) mengada-ngada dan Diskriminatif. Sementara kita lihat sendiri, fasilitas TPS saja tidak ada. Gaji orang pun teraniaya," tegas Ruslan. 

Menurutnya, DLHK tidak hanya mengambil keputusan secara sepihak. Mengingat, saat ini belum ada fasilitas pendukung seperti Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang disediakan. Harusnya, DLHK berbenah diri dahulu sebelum memutuskan.

"Apa kewajiban dari Pemko Pekanbaru terhadap kebersihan di Kota ini sudah dijalankan dengan baik dan benar. Kalau semua kewajiban ini sudah dijalankan dengan benar, baru masuk pada penegakan. Ini gaji orang saja belum dibayar bagaimana sampah mau diurus. Lama-lama aneh juga Kota Pekanbaru ini kutengok," ugkapnya.

Ruslan berharap, Pemko Pekanbaru mendorong tata kelola kebersihan dengan benar. Mengingat, sudah 4 kali berturut-turut Piala Adipura di bidang kebersihan melayang untuk Kota Pekanbaru. Sejatinya, ada yang tidak beres dengan manajemen kepengurusan pengelolaan sanpah ini.

"Bersinergi lagi melalui budgeting Pemprov dan Pemerintah Pusat. Sehingga, program kawasan bersih tanpa kumuh ini bukan hanya ceremonial saja, tapi benar-benar nyata," pungkasnya berharap.

Sebagaimana diketahui, DLHK Kota Pekanbaru akan memberlakukan sanksi kurungan 6 bulan dan denda Rp50 juta, terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan di Kota Pekanbaru.

Penerapan ini sudah diberlakukan, tim Satuan Petugas (Satgas) DLHK Pekanbaru, berkeliling mengontrol masyarakat yang melakukan buang sampah sembarangan.(Eza)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Buang BB Sabu Ke Pinggir Jalan, Petani Rupat Diamankan Polisi
Denda Rp 50 Juta Bagi yang Buang Sampah Sembarangan di Pekanbaru
Pertanyakan Soal PAD dan Pengelolaan Sampah, DPRD Subulussalam Datangi DPRD Pekanbaru
Tiduri Istri Orang Didenda Warga 4 Ekor Kerbau
Kontingen Garuda Laksanakan Pembersihan Sampah di Universitas Bangui Afrika

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad