Home  / Parlemen
Ternyata Izin PT Bangkinang Diperpanjang Pemko, DPRD Sebut Warga Sudah Tak Sanggup Diracuni Bau
Senin, 6 Maret 2017 | 15:21:28
Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Zaidir Albaiza SH MH
PEKANBARU, riaueditor.com - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Zaidir Albaiza SH,MH, mengaku heran sebab, Pemko Pekanbaru telah mengeluarkan izin perpanjangan pabrik karet PT Bangkinang yang berada di Jalan Taskurun, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Padahal kata Zaidir, Pemko Pekanbaru melalui OPD terkait dalam pengakuannya mengatakan bahwa pabrik karet tidak lagi diperpanjang. Akibat kebijakan Pemko Pekanbaru yang memperpanjang izin itu, warga RW 2 yang berada sekitar pabrik, mengadu kepadanya secara lisan.

"Kita sudah menggelar rapat lengkap dengan lurah, dan sudah jelas semua masyarakat terang-terangan menolak kalau pabrik ini izinnya diperpanjang. Kok aneh malah esoknya lurah mengeluarkan izin baru," kata Zaidir, kepada wartawan, Senin (6/3)

Dijelaskannya, pabrik itu sudah tak layak lagi berada di tengah kota, karena berakibat kepada dampak lingkungan dan aroma bau busuk yang timbul akibat sistem pengolahannya tersebut.

"Coba lihat, limbahnya itu sangat berbahaya terhadap kesehatan masyarakat. Apalagi pabrik ini berada di tengah pemukiman warga lagi," ujarnya

Politisi dari PKB ini menangih janji dan komitmen yang dibuat oleh Pemko Pekanbaru. Yang mana, dalam statment nya pada tahun 2016 lalu, pabrik ini akan dipindahkan.

"Saya minta Pemko Pekanbaru menepati janjinya. Walikota sebelumnya janji pada 2016 pabrik itu akan pindah. Masyarakat sudah tidak sanggup lagi diracun oleh bau nya yang timbul dari pabrik tersebut," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal Pekanbaru, M. Jamil, mengatakan, Pemko Pekanbaru akan merelokasi dua pabrik karet yang berada di permukiman padat penduduk yakni PT Rekri di Rumbai dan PT Bangkinang di Marpoyan Damai. 

"Pemerintah kota tidak lagi memberi izin perpanjangan usaha bagi kedua perusahaan karet tersebut," kata Jamil, Kamis, (16/6) lalu.

Jamil mengaku, rencana pemindahan dua pabrik karet itu sebelumnya sudah disepakati sejak lima tahun lalu. Namun kesepakatan itu belum bisa dilakukan karena terganjal aturan ikatan kontrak kerjasama hingga menunggu masa berlaku izin berakhir.

"Jadi saat ini perpanjangan izin dua pabrik karet tersebut sudah kami tolak," ungkap Jamil belum lama ini.(eza)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kecewa, Warga Duduki 56 Hektar Lahan Kebun PT Tasma Puja
Wakil Bupati Siak Resmikan Kantor PT Persi Perwakilan Perawang
Ketua KPK: Koruptor Seharusnya tak Perlu Diberi Remisi
Sidang Sengketa Lahan PT. NWR VS PT. PSJ Agendakan Keterangan Saksi Dari NWR
PT Tasma Puja Sebut Semua Areal Telah Diganti Rugi, Warga Geram
Terdapat 1 komentar untuk artikel ini.
Klu benar walikota pekanbaru memperpanjang izin pabrik karet pt bangkinang di jl taskurun ujung dan pt rikri di rumbai
berarti walikota betul2 tak peduli dengan apa yg di rasakan masyrakat
jgn sok2 peduli la, "boleh di katakan walikota bohong"

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU