Home  / Opini
Meneropong Pelalawan di Pemilu 2019
Oleh: H Abdullah, S.Pd
Rabu, 15 Agustus 2018 | 17:36:20
H Abdullah, S.Pd
"Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih dari yang orang lain lihat, yang melihat lebih jauh daripada yang orang lain lihat, dan yang melihat sebelum orang lain melihat". Leroy Eimes

KPUD Pelalawan baru saja merelease Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Pelalawan untuk Pemilu 2019. Dari 15 Partai yang terdaftar, terdapat 412 Caleg, dengan keterwakilan perempuan 38,11 persen (157 orang perempuan) untuk bertarung memperebutkan 35 Kursi DPRD Pelalawan.

Dan menariknya, proses pencalonan wakil rakyat tahun ini dibuat semakin seru oleh proses pencalonan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Suasana politik negeri ini semakin hingar bingar. Status media sosial tumpah dengan diskusi politik.

Pemilihan umum serentak wakil rakyat dan Presiden/Wakil Presiden RI pada April 2019 membuat suasana politik tahun 2018 dan 2019 menjadi perbincangan hangat hingga di meja meja domino menyambut peringatan 17-an.

Apa korelasinya Pemilu 2019 bagi Pelalawan?

Segudang pekerjaan rumah kabupaten ini masih menjadi catatan yang harus diselesaikan dalam periode RPJMD Pelalawan 2016-2021. Mulai dari infrastruktur dan penataan kota khususnya di Ibukota kabupaten, pengadaan air bersih, Tenaga kerja lokal, distribusi guru yang belum merata, sarana prasarana pendidikan dan kesehatan, anggaran yang setiap tahun mengalami penurunan, polemik kelebihan jumlah tenaga honor, administrasi kependudukan yg belum memuaskan serta sejumlah masalah yang setiap kali pembahasan anggaran dan rapat rapat kerja menjadi dilema dan persoalan.

Maka 412 caleg kabupaten yang disodorkan oleh partai partai politik tentu saja adalah kader kader terbaik didaerah yang akan bertarung untuk mengambil hati masyarakat agar terpilih menjadi wakil rakyat dan kemudian akan berjibaku dengan persoalan persoalan kabupaten Pelalawan, dan harapan kita tentu saja 35 calon Anggota DPRD terpilh nantinya, begitu juga calon wakil rakyat utusan Pelalawan di DPRD Provinsi Riau, juga utusan Pelalawan di DPR RI,  adalah mereka mereka yang memiliki komitmen yang kuat dalam berupaya mencari solusi dan  menuntaskan persoalan persoalan kabupaten Pelalawan dan pekerjaan pekerjaan rumah diatas.

Pemilu 2019 sudah dihadapan. Sudah tampak jelas dan terang benderang para calon wakil rakyat mulai dari level kabupaten hingga tingkat pusat serta calon presiden/wakil presiden yang akan memegang tampuk kewenangan dan kebijakan dalam mengelola daerah dan negara. 

Karena nya pemilu 2019 beserta calon calon wakil rakyat yang sudah dipublish KPUD Pelalawan tersebut, selama beberapa bulan kedepan menjadi menarik untuk kita cermati satu persatu kemudian kita cari latar belakang, track record dan visi misi mereka masing masing sehingga masyarakat tidak seperti membeli kucing dalam karung. Masyarakat dihimbau untuk mengenal dan mencermati calon calon wakil rakyat Pelalawan sebab dipundak mereka di titipkan suara dan juga kewenangan untuk memastikan dan mengontrol  pembangunan Pelalawan sesuai dengan Peta Jalan atau yang diistilahkan dengan RPJMD (Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang sudah digariskan sebelumnya agar kesinambungan pembangunan dapat berjalan sebagaimana mesti nya, serta pekerjaan pekerjaan rumah yang belum terselesikan menjadi prioritas untuk dilaksanakan.

Dalam kerangka peta jalan pembangunan Pelalawan itulah maka pemilu 2019 ini menentukan. Menentukan keberlangsungan Pembangunan Pelalawan dan mennetukan terhadap capaian capaian kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan agar masyarakat semakin merasakan dampak pengelolaan daerah yang Transparan, akuntabel, efektif dan efisein.

Akhinya, Emha Ainun Nadjib, Budayawan Indonesia, pernah menuliskan: 'Pemimpin yang terbaik adalah yang paling memiliki penguasaan diri untuk dipimpin. Maka seorang Pendito Ratu haruslah a man of nothing to loose. Tak khawatir kehilangan apa apa. Jangankan harta benda, simpanan uang, seribu perusahaan, tanah, gunung dan tambang. Sedangkan dirinya sendiripun sudah tak dimilikinya, sebab telah diberikan kepada Tuhan dan rakyatnya'.
Carilah calon pemimpin dan wakil rakyat yang seperti itu. Bisa? Bisa, Insya Allah. Terpulang kepada masyarakat yang akan memilih. Selamat menatap para calon wakil rakyat.*)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bupati Amril Mukminin Terima DIPA Bengkalis Tahun 2019 Sebesar Rp3,801 Triliun
Tahun 2019, ITB Kembali Buka Jalur Seleksi Mandiri
Bocoran Survei Internal Prabowo: Jokowi Masih Unggul Tipis
Disinyalir, APBD Kampar 2019 Belum Ditandatangani Ketua DPRD Kampar
Dandim 0313/Kpr Pimpin Sertijab Pabung Kabupaten Pelawan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad