Home  / Nasional
Tidak Ada Pelanggaran, Kemenpora Kembalikan Cek Rp2 Miliar Kepada Pemuda Muhammadiyah
Jumat, 30 November 2018 | 13:29:09
(Doc. Net)
Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengirimkan kembali cek senilai Rp2 miliar yang sebelumnya dikirimkan Pemuda Muhammadiyah. Kemenpora menyebut tidak ada potensi kerugian negara dalam bantuan dana Apel dan Kemah Pemuda Islam yang dilaksanakan Pemuda Muhammadiyah di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta tahun 2017 silam.

"Saya perintahkan (staf) segera dikembalikan. Selama tidak ada masalah, (bantuan operasional) itu hak penerima bantuan karena tidak ada temuan (penyimpangan)," kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat dihubungi, Jumat, (30/11/2018).

Menurut Gatot, sampai saat ini tidak temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kegiatan tersebut. Gatot menegaskan, saat itu pihak penerima bantuan memang Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor.

"Tidak ada kewajiban Pemuda Muhammadiyah mengembalikan. LHP 2017 Apel Kebangsaan juga tidak ada temuan," sambung dia.

Sebelumnya Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengatakan, belum melakukan audit terhadap dana yang digunakan untuk kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam tahun 2017 lalu. Bahkan Achsanul mengaku jika sampai saat ini belum ada permohonan resmi dari Polda Metro Jaya soal permohonan audit tersebut.

"Seingat saya kita tidak pernah melakukan gelar atau ekspose terkait kegiatan kemah dan apel pemuda Islam," ujar Achsanul, Sabtu, (24/11/2018).

Sementara itu, polisi mengaku sudah mengirimkan surat ke BPK untuk meminta audit kegiatan tersebut. Sebelumnya polisi mengatakan ada potensi kerugian negara dalam kegiatan tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan awal memang diduga ada anggaran dana sekitar Rp 2 miliar yang tidak dihabiskan penuh yang diduga kurang dari separuh, ada data fiktif dalam penggunaannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Senin, (26/11/2018).

(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sesuai Surat BKN, Bupati Kuansing Segera Eksekusi ASN Terpidana Korupsi
Bupati Amril: Pertanggungjawaban Dana BOS Harus Valid dan Tepat Waktu
Rebutan Dana antara Bank vs Pemerintah Memanas, Kapan Usai?
Jadi Tersangka, Ini Kata Habib Bahar bin Smith
Polisi: Penyebar Video Ceramah Habib Bahar Bisa Dikenakan UU ITE

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad