Home  / Nasional
Tahun 2025 Air Laut Sampai Bundaran HI, Menteri PUPR: Pernyataan Pak Prabowo Benar
Rabu, 21 November 2018 | 22:29:39
(Doc. Net)
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
BOGOR - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono membenarkan pernyataan Prabowo Subianto jika tahun 2025 mendatang air laut di Jakarta Utara akan sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Menurut Basuki, apa yang disampaikan Prabowo memang berdasarkan data tentang penurunan permukaan tanah antara 10-12 cm per tahun di kawasan Jakarta Utara. Sehingga otomatis air permukaan laut akan mengalami kenaikan.

"Kan saya pernah bilang dulu 15 tahun lagi akan tenggelam, atau kita harus bikin tanggul karena tidak ada satupun sungai di Jakarta yang bisa mengaliri ke laut dengan kecepatan penurunan tanah 10-13 cm per tahun," kata Basuki di Istana Bogor, Rabu, (21/1/2018).

Dengan penurunan permukaan tanah itu, kata Basuki maka muncul program National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau tanggul laut raksasa sebagai langkah antisipasi.

"NCICD itu tanggul laut, itu betul Pak Prabowo kalau menurut hitungan, makanya ada istilah NCICD sebagai protection, jadi bukan untuk banjir atau untuk apa, tapi penanggulangan lingkungan," tambah dia.

Turunnya permukaan tanah kata Basuki disebabkan oleh penggunaan air tanah oleh masyarakat dan gedung-gedung tinggi. Oleh karena itu, pembangunan tanggul sudah menjadi kebutuhan yang harus dilakukan agar DKI Jakarta tidak tenggelam.

"Dengan penurunan 10-12 cm per tahun itu 15 tahun lagi, inyaAllah kalau 15 tahun saya masih hidup, itu semua sungai tidak bisa mengalir, makanya harus bikin tanggul," tandas Basuki.

(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Liburan Tiba, Melancong ke Air Terjun Dangku Godang Objek Wisata Baru Kuansing
Tyson Isap Ganja Sebelum Menang TKO Lawan Golota
Ternyata Presiden Jokowi Terlahir Dengan Nama Mulyono
Dalam Rangka Hari Juang Kartika, Kodim 0302/Inhu Laksanakan Penghijauan
Pengaruh Peradaban Islam di Cina

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad