Home  / Nasional
Taufik Kurniawan, Loyalis Amien Rais yang Resmi Jadi Tahanan KPK
Sabtu, 3 November 2018 | 06:28:33
(Doc. Net)
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan resmi ditahan KPK
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap. Sebelum masuk mobil yang akan mengantarkannya ke tahanan, Taufik sempat mengucapkan kalimat yang mengandung multi tafsir.

"Secanggih-canggihnya rekayasa manusia, rekayasa milik Allah paling sempurna," kata Taufik, yang sudah mengenakan rompi tahanan berwarna oranye di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, (02/11/2018).

Kendati demikian, Taufik tidak menjelaskan apa maksud di balik pernyataannya tersebut. Namun KPK membantah bahwa penahanan Taufik rekayasa, melainkan penyidik sudah mengantongi alat bukti yang cukup.

"Silakan saja, itu hak tersangka. Namun KPK memastikan bukti yang kami miliki terkait dengan dugaan penerimaan suap oleh tersangka sangat kuat, karena itulah akhirnya ditingkatkan ke penyidikan dan dilanjutkan dengan proses penahanan," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

Taufik sebagai tersangka karena diduga menerima duit Rp 3,65 miliar dari Bupati Kebumen nonaktif Muhamad Yahya Fuad. Uang itu diduga terkait dengan perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada APBN-P 2016 yang direncanakan Rp 100 miliar.

KPK memastikan bukti terhadap Taufik kuat. Salah satu argumen yang disampaikan KPK adalah mengenai vonis bersalah yang diterima 9 tersangka dalam kasus itu sebelumnya, termasuk Yahya Fuad.

Sebelumnya, kabar menyebar meski status Taufik belum jelas, apakah saksi atau tersangka. Sampai kemudian Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berbicara lantang pada Senin, 29 Oktober 2018. Saat itu Amien mengkritik Ketua KPK Agus Rahardjo telah menjungkirbalikkan keadilan.

"Agus Rahardjo, Anda jangan tebang pilih, yang kecil dihukum, yang gede-gede dibiarkan," ucap Amien lantang di DPR.

Dia menyinggung beberapa orang yang pernah dicegah KPK sebagai saksi tetapi pada akhirnya tidak pernah menjadi tersangka.

"Tapi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan langsung dicekal. Jadi Agus Rahardjo, Anda hati-hati," imbuh Amien.

Amien kemudian menyambangi gedung KPK untuk bertemu dengan pimpinan. Tapi semua pimpinan KPK sedang ada kegiatan di luar. Akhirnya Amien Rais tidak menjumpai satupun pimpinan KPK.

Keesokan harinya, Taufik diumumkan KPK sebagai tersangka meski status tersangkanya sudah terbit sejak 18 Oktober 2018. Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan saat itu bahwa penyerahan uang suap dilakukan di sejumlah hotel.


(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sah, KPK Resmi Tetapkan Bupati Pakpak Bharat Tersangka Kasus Dugaan Suap
Ternyata Bupati Pakpak Bharat yang Terjaring OTT KPK Baru Deklarasikan Dukung Jokowi
Mengenal Kabupaten Pakpak Bharat yang Bupatinya di-OTT KPK
Remigo Berutu, Bupati Berharta Rp54 Miliar yang Ditangkap KPK
BREAKING NEWS: KPK OTT Bupati Pakpak Bharat Sumut

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad