Home  / Nasional
Ini Alasan Pemerintah Indonesia Ngebet Bangun Kilang Minyak
Minggu, 9 September 2018 | 20:42:37
(Doc. Net)
Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar
JAKARTA - Pemerintah sedang berusaha untuk membangun kilang minyak. Hal ini dimaksudkan untuk menekan angka impor minyak Indonesia, sehingga masyarakat akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar mengatakan bahwa rencana pembangunan kilang minyak, agar impor minyak mentah dapat dikelola di dalam negeri. Pasalnya jika impor BBM jadi, kata Archandra harganya jauh lebih mahal.

Di tahun 2017, Indonesia mengimpor minyak mentah sebanyak 360 ribu barrels oil per day (bopd) dan BBM 370 ribu bopd.

"Apa obatnya, bisa nggak yang impor BBM ini jadi 0 bisa kalau kilang kita produksi lebih banyak, maka yang kita impor crude. Hasilnya 370+680 (impor BBM+hasil pengolahan kilang dalam negeri), ini nol crude masuk sini maka kita impor crude bukan lagi BBM," kata Archandra, Minggu, (09/09/2018) dilansir detik.com.

Arcandra menambahkan, biaya yang bisa ditekan sebesar US$ 10-US$ 13 per bopd. Biaya tersebut merupakan biaya pengolahan untuk menjadikan minyak mentah ke BBM.

"Dengan adanya kilang maka kita tidak impor BBM lagi tapi kita impor crude mentahnya, berapa beda harga minyak mentah dan BBM itu dinamakan cracking cost biaya untuk menjadikan crude menjadi BBM produk, biasanya sekitar US$ 11-12-13 per barel. Kalau sekarang WTI atau Brent US$ 70 maka per barel harga produk itu ditambah US$10-11-12 sekitar US$ 83-82 per barel itulah cracking cost yang bisa diefisiensikan kalau kilang dalam negeri," jelas dia.

Namun, dia mengatakan, kilang ini tidak menghilangkan impor dari minyak mentah.

"Tapi dari sisi crude tetap impor dengan adanya kilang, dengan ada kilang impor berkurang, iya, BBM-nya tapi crude tidak, karena kilang masih membutuhkan crude. Sehingga dihasilkan produk Pertalite, Pertamax dan turunan yang lain jadi ini neraca kita," tutupnya. ***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Serba-serbi Utang Pemerintah yang Nilainya Rp 4.363 T
Singapura Bekukan Izin Usaha Agen Tenaga Kerja yang "Jual" PRT Indonesia di Online Shop
Pembangunan Turap Penahan Tebing Dibilang Asal Jadi, Ini Jawaban PPK PUPR
9 Parpol Kampar Bentuk Tim Kampanye Indonesia Kerja Jokowi-Ma’ruf Amin
Chevron Selidiki Bocornya Pipa Minyak di Desa Balai Raja

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad