Home  / Nasional
Fakta-Fakta Penerimaan CPNS 2018 Molor dan Menpan-RB Baru
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:39:44
Suasana Seleksi CPNS
JAKARTA - Mundurnya penerimaan Calon Penerimaan Negeri Sipil (CPNS) 2018 dari akhir Juli sampai awal Agustus diperkeruh dengan mundurnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrai (Menpan RB) Asman Abnur dari jabatannya.

Berikut ini fakta-fakta tentang molornya jadwal penerimaan CPNS 2018 dan kepergian Asman Abnur dari Kemen PAN-RB, yang dirangkum Okezone Finance:

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan pengumuman formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tidak akan dilakukan pada bulan Juli.

Padahal sebelumnya, pengumuman pembukaan CPNS 2018 akan dilakukan pada akhir Juli 2018. Namun, sampai bulan Juli, akhirnya pendaftaran CPNS 2018 molor sampai bulan Agustus.

Alasan pertama dan utama adalah masih dilakukan validasi data dengan Kementerian dan Lembaga terkait termasuk Pemerintah Daerah.

2. Mundurnya Asman Abnur dari Menpan RB

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga menyatakan bahwa kader partainya Asman Abnur sudah minta izin untuk mundur dari jabatan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

"Saya telah melakukan komunikasi dengan Pak Asman Abnur, Pak Asman menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet, dari pemerintahan Pak Jokowi," ujarnya

Viva mengatakan, alasan pertama Asman mundur dari jabatannya lantaran ia tak mau membemani pemerintah Presiden Joko Widodo. Apalagi secara politik PAN sudah berseberangan yakni mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

3. Menpan-RB Mundur, Bagaimana Nasib Penerimaan CPNS 2018?

Kabar mundurnya Asman ternyata banyak dikhawatirkan oleh masyarakat umum. Sebab jika Asman mundur dari jabatannya dikhawatirkan bisa menganggu proses pembukaan CPNS 2018.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, jika mundurnya Asman benar teralisasi seharusnya tidak akan berpengaruh terhadap pembukana Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Sebab penetapan CPNS sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

"Harusnya tidak ada hubungannya (dengan pengujian surat pengunduran diri Menpan Asman)," ujarnya

4. Jokowi Lantik Syafruddin Jadi Menpan-RB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) setelah Asman Abnur mengundurkan diri dari jabatannya.

Proses pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Jokowi berdasarkan Keppres nomor 142p Tahun 2018 tetang Pemberhentian dan Pengangkatan Menpan RB di Kabinet Kerja 2014-2019.

"Bersediakah saudara diambil sumpah berdasarkan Islam?" kata Jokowi saat mengambil sumpah Syafruddin sebagai Menpan RB. "Bersedia," jawab Syafruddin.

5. Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Setelah Asian Games?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin mengatakan, rencanannya pembukaan CPNS 2018 itu akan dilakukan setelah Asian Games 2018. Pasalnya saat ini dirinya masih ikut mengurusi Asian Games sebagai ketua kontingen atlet.

"Insya Allah-Insya Allah (sehabis Asian Games 2018)," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Jakarta, Jumat (17/8/2018).


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jonatan Christie Tumbang di Tangan Ka Long Angus
Batas Usia CPNS 2018 untuk Honorer K2 Tetap 35 Tahun
Hasil Pertandingan Liverpool vs PSG di Liga Champions 2018
Hasil Laga Barcelona vs PSV di Liga Champions 2018-2019
13 Team Balap Sepeda Akan Bertarung di Even Tour de Siak 2018

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad