Home  / Nasional
Ketika Pemuda Kristiani Jaga Keamanan Ibadah Salat Tarawih Umat Muslim di Kota Sorong
Jumat, 18 Mei 2018 | 19:11:10
(foto: Andrew Chan/Okezone)
Pemuda Kristen Jaga Keamanan Umat Muslim yang Menjalankan Ibadah Salat Tarawih di Sorong, Papua
SORONG - Guna menjaga kondisi keamanan saat pelaksanaan Ibadah puasa dan pelaksana ibadah tarawih umat muslim, pemuda dan jemaat umat Kristiani melakukan perbantuan pengamanan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah Tarawih di sejumlah Masjid di kota Sorong, Kamis 17 Mei 2018.

Salah satunya adalah pemuda dan umat Kristiani dari jemaat Gereja GKI Sion, Kelurahan Klabala, Distrik Sorong Timur, Kota Sorong, yang melakukan pengamanan Ibadah saat sholat Tarawih, umat muslim di Masjid Al Falah, salah satu Masjid tertua di kota Sorong, Papua Barat. Pengamanan Ibadah umat muslim pada Masjid-masjid di kota Sorong, Papua Barat ini akan dilakukan sebulan penuh, selama bulan suci Ramadhan.

Dari pantauan Okezone, saat pelaksanaan ibadah sholat Tarawih digelar di Masjid Al Falah, Kota Sorong, yang terletak di Jalan Achmad Yani Kota Sorong, Papua Barat, Kamis malam tadi, nampak puluhan pemuda dan kaum Bapak dari Jemaat GKI Sion melakukan pengamanan dengan mengatur lalu lintas membantu aparat kepolisian di sekitar lokasi masjid tertua di kota Sorong tersebut.

Tidak itu saja, para pemuda dan kaum bapak dari umat Kristiani ini juga melakukan pengamanan dan pemantauan disekitar area Masjid dan di luar area Masjid yang tanpa lampu penerangan.

Pengamanan swakarsa umat Kristiani, di masjid Al Falah kota Sorong ini, yang dilakukan jemaat GKI Sion Klabala, ini menurut Pendeta Jemaat, Polly Luturmas, adalah merupakan program rutin yang telah ada sejak awal, dan bukan dikarenakan adanya serangkaian aksi teror di tanah air dalam kurun waktu beberapa hari terakhir ini.

“Agar supaya umat muslim bisa beribadah dengan baik, lancar, aman, tertib. Bukan berarti kegiatan ini setelah melihat berbagai macam persoalan yang terjadi baik di Jakarta di mako brimob, ataupun di Surabaya dan Riau tetapi ini adalah spontanitas kita dan juga bertolak dari program kita dan merupakan bagian dari toleransi antar umat beragama.” Jelas Pdt. Polly Luturmas saat berbincang-bincang dengan Okezone, Kamis, (17/5/2018), malam tadi.

Dengan adanya kegiatan ini, mendapat sambutan positif dari umat Muslim di kota Sorong, dimana menurut Imam Masjid Al Falah, Achmad Rumeon, dengan kegiatan ini, umat Muslim yang melaksanakan ibadah Taraweh di Masjid Al Falah, kota Sorong ini, sangat terbantu, di mana umat Muslim dapat melaksanakan ibadah sholat Tarawih dengan khusyuk dan aman.

Hal ini menurut Achmad, sebagai perwujudan rasa toleransi umat beragama di kota Sorong yang tetap terjaga hingga saat ini, dari generasi ke generasi.

“Jemaah sekalian di masjid Al Falah terbantu dengan adanya pengamanan ini, terutama ketika mereka akan menuju ke masjid masuk ke dalam masjid itu sudah diantarkan melalui rekan-rekan kita atau saudara-saudara kita dari GKI untuk menghentikan sementara kendaraan yang lalu lalang ketika mereka akan masuk ke masjid ini.” ujar, Imam Masjid Al Falah, Kota Sorong, Achmad Rumeon.

Kerukunan umat beragama di tanah Papua menjadi contoh dan bukti nyata bahwasannya masyarakat di tanah Papua dengan penuh cinta kasih selalu menjaga kebersamaan dalam toleransi umat beragama dan menolak semua ajaran-ajaran radikal yang masuk ke tanah Papua. Dimana masyarakat Papua tetap dan akan terus menjaga dan merawat rumah kebangsaan Indonesia raya.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Awali Rakor Harmonisasi Strategi Operasi Keamanan Laut
Viral di Medsos, Ternyata Begini Cara TNI Salat saat Menjaga Wilayah Perbatasan
Yuyun dan Ardo jadi Pembicara Di Seminar Kirab Pemuda 2018
Panglima TNI: Komitmen TNI Ciptakan Keamanan Regional di Wilayah Indo-Pasifik
Pangdam: Babinsa Harus Jaga Kesatuan dan Persatuan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad