Home  / Nasional
Hilman Mattauch, si ‘Wartawan Parlemen’ yang Jadi Tersangka Kecelakaan Setya Novanto
Jumat, 17 November 2017 | 20:08:15
Hilman (kanan) bersama Setya Novanto (Istimewa)
JAKARTA - Nama Hilman Mattauch mendadak ramai diperbincangkan pasca-kecelakaan mobil dialami Setya Novanto di Jalan Permata Berlian, Jakarta Selatan, kemarin. Hilman yang menyetir mobil Toyota Fortuner ditumpangi tersangka kasus e-KTP itu kini jadi tersangka. Siapa sebenarnya Hilman?

Hilman ditetapkan sebagai tersangka karena dianggap lalai sehingga mencelakai orang lain. Ya, Novanto yang juga Ketua DPR RI sekaligus Ketum Partai Golkar kini harus dirawat di RSCM Jakarta gara-gara mobil disopiri Hilman menabrak tiang listrik.

“Makanya kita kenakan UU Lalu Lintas (Hilman) Pasal 283 kemudian di junto kan pasal 310, ancamannya hukuman tiga bulan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan di Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Hilman tidak asing lagi bagi wartawan yang biasa meliput di sekitar Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Warga Karang Tengah, Kota Tangerang itu merupakan Ketua Koordinator Wartawan Parlemen periode 2014-2016. Kedekatannya dengan pimpinan DPR, termasuk Setya Novanto tak diragukan lagi.

Romdony Setiawan, Ketua Koordinator Wartawan Parlemen periode 2016-2018 mengatakan, Hilman sudah dekat dengan Novanto sejak menjabat sebagai Ketua Press Room DPR.

"Hilman itu setahu saya mulai dekat dengan Novanto sejak tahun 2014 sampai 2016, itu periode kepemimpinan Hilman," katanya Dony di Kompleks Parlemen.

Hilman tercatat sebagai kontributor televisi swasta yang biasa bertugas di Jakarta Barat. Namun, ia kemudian didapuk jadi koordinator wartawan di DPR.

"Sebetulnya semua pihak bisa komunikasi dengan Novanto, tapi mungkin Hilman banyak didengar saran dan pertimbangannya," ungkap Dony. "Bahkan ada yang bilang (Hilman) jadi driver sebelum contributor."

Dony mengaku tidak tahu soal pendidikan jurnalistik yang pernah dijalani Hilman. "Enggak banyak komunikasi dengan Hilman bagaimana proses dia menjadi wartawan," sebut Dony.

Usai menjabat sebagai Ketua Koordinatoriat Parlemen, Dony masih menjaga komunikasinya dengan Hilman.

Usai kecelakaan bersama Setya Novanto, Hilman diperiksa polisi sebagai saksi bersama tiga orang lainnya. Belakangan Hilman ditetapkan jadi tersangka, tapi tidak ditahan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Halim Pagarra menuturkan, Hilman diduga hilang kendali saat menyetir Fortuner bernomor polisi B 1732 ZLO yang mengangkut Setya Novanto, sehingga menabrak tiang listrik.

Hilman saat itu diduga sedang sibuk menerima telepon, sementara cuaca gerimis dan jalanan sangat basah. "Karena kurang konsentrasi, kemudian bergerak ke kanan menabrak trotoar, naik ke atas menabrak pohon dan tiang listrik," jelas Halim.


(kha/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Setya Novanto Resmi Mundur, Pimpinan Segera Tunjuk Plt Ketua DPR
Diungkap Jaksa, Ini Deretan Nama yang Diuntungkan Andi Narogong dari Proyek E-KTP
Kejati Riau Tahan Dwi Agus Sumarno Tersangka Dugaan Korupsi RTH Pekanbaru
Jenderal di China Bunuh Diri Setelah Terlilit Kasus Korupsi
KPK Cegah Istri Setya Novanto Bepergian ke Luar Negeri

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad