Home  / Nasional
Bupati Wardan: Kesehatan Merupakan Sebuah Investasi dan Aset yang Tak Ternilai
Minggu, 12 November 2017 | 18:42:07
Diskominfo Inhil
Bupati Inhil HM Wardan saat melepas gerak jalan sehat.
TEMBILAHAN, riaueditor.com - Siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan memadati Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Minggu (12/11) pagi. Beragam warna stelan olahraga menambah ceria suasana. 

Hal ini dikarenakan mereka turut memeriahkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang disejalankan dengan Hari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-67 dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se Dunia. 

Kegiatan yang ditaja oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), IDI Inhil, serta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Inhil ini dimeriahkan dengan kegiatan senam, jalan sehat, cuci tangan pakai sabun, hiburan, hingga doorprize.

Acara dihadiri oleh Bupati Inhil HM Wardan MP, Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil H Said Syarifuddin, unsur Forkompimda Inhil, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemkab Inhil, ketua TP-PKK Inhil beserta pengurus, ketua organisasi-organisasi wanita Inhil, ketua IDI Inhil beserta pengurus, dan peserta gerak jalan sehat. 

Atas nama pemkab Inhil, Bupati menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan ini dinilai telah membantu pemerintah dalam bidang kesehatan. 

"Kesehatan merupakan sebuah investasi dan aset yang tak ternilai harganya", ujar Wardan sebelum melepas kegiatan jalan sehat. 

Ia mengimbau kepada kepada seluruh sekolah di semua tingkat pendidikan dan instansi pemerintah maupun swasta untuk mengimplementasikan cuci tangan pakai sabun. "Mari kita masyarakatkan cuci tangan pakai sabun. Ini adalah kegiatan sedunia. Setiap sekolah jika perlu di setiap kelas sebelum masuk diterapkan cuci tangan dulu sebelum belajar", sebutnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan S.Sos ME menyerahkan peralatan cuci tangan pakai sabun kepada 2 sekolah perwakilan.

"Hari cuci tangan pakai sabun sedunia seyogyanya diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggalakkan cuci tangan pakai sabun, sehingga dapat mengurangi serangan penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan", paparnya. 

Istri orang nomor 1 di Inhil ini mengatakan bahwa kegiatan ini juga dijadikan suatu bentuk upaya pembangunan fasilitas di sekolah dan upaya meningkatkan kesehatan.

"TP-PKK Inhil memberi bantuan alat cuci tangan pakai sabun. Saya mengingatkan kepada seluruh sekolah agar dapat menyediakan alat cuci tangan pakai sabun. Hal ini merupakan satu langkah nyata TP-PKK Inhil membantu pemerintah dalam bidang kesehatan dan memberikan pengetahuan betapa pentingnya perilaku hidup sehat sejak dini. Hal ini sederhana dan tidak perlu biaya mahal tapi dapat memberikan dampak yang luar biasa", urainya. 

Wanita yang akrab disapa Ikha ini juga menjelaskan bahwa diare dan infeks saluran pernapasan masih mengancam kesehatan anak-anak di Inhil. "Oleh sebab itu mencuci tangan perlu dilakukan saat sebelum makan dan setelah melakukan aktivitas", ungkapnya. 

Pemberian edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui kegiatan sederhana ini juga dinilai Ikha perlu untuk dilakukan di keluarga. "Kegiatan cuci tangan ini diharapkan tidak hanya menjadi ceremonial belaka tetapi dapat dijadikan gaya hidup di Inhil. Beritahukan kepada orang lain agar hal ini dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari", harapnya. 

Sedangkan Kepala Diskes Inhil, H Zainal Arifin SKM M.Kes mengutarakan bahwa permasalahan kesehatan di Inhil semakin tahun semakin membaik. Sehingga Bupati Inhil, beberapa waktu lalu diberi anugerah berupa pengharhaan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesehatan oleh Mentri Kesehatan. (Advertorial)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jelang Diksar, 220 CPNS Bakamla RI Lakukan Tes Kesehatan
Kisah Pilu Calon Mahasiswi yang Diculik Lalu Dipaksa Melayani 20 Pria Sehari
Gubri Paparkan Kemajuan Riau di Rapat Paripurna Hari Jadi Provinsi Riau Ke-61
Kamis Upacara Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau, Senin Lusa Apel Ditiadakan
Bidik Adiwiyata Nasional, SMPN 27 Pekanbaru Kerjasama dengan Instansi Lain

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad